Fokus IKAPI Buat Pembaruan Kurikulum Pendidikan Kurator

FGD IKAPI untuk Kurator
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Kurikulum untuk kurator, menjadi focus perhatian yang disiapkan oleh Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI). Untuk mematangkan itu, digelar focus group discussion (FGD), dalam rangka pembaruan kurikulum pendidikan intensif bagi calon kurator dan pengurus.

Dinyatakan Lulus, Atta Halilintar Bersyukur Punya Ijazah SMA di Usia 29 Tahun

Hadir Ketua Dewan Sertifikasi IKAPI, Ketua Umum IKAPI, perwakilan Dewan Pembina dan Dewan Pertimbangan IKAPI, serta perwakilan dari Mahkamah Agung yang diwakili Hakim Agung RI Agus Subroto, SH MH dan akademisi yang diwakili Prof. Dr. Hadi Subhan SH MH

Penyempurnaan kurikulum pendidikan intensif yang telah ada dan disebut sebagai kurikulum terlengkap dan terpadat yang pernah dibuat. Perkembangan zaman yang dinamis sehingga harus ada pembaharuan. Materi-materi yang akan diberikan kepada calon kurator dan pengurus, disesuaikan dengan kebutuhan.

Buntut Ledakan Ribuan Pager, Lebanon Liburkan Semua Institusi Pendidikan

"Kurikulum ini akan terus kami perbaharui secara berkala agar para kurator dan pengurus yang dihasilkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar internasional," ujar Ketua Dewan Sertifikasi IKAPI, Peter Kurniawan.

Kehadiran dari perwakilan MA dan akademisi, ini diharapkan juga ikut memberi masukan untuk penyempurnaan dari kurikulum tersebut. Sehingga, muncul kurator dan pengurus yang berkualitas serta profesional, seperti apa yang menjadi komitmen IKAPI.

Wakil Menkes Sebut Indonesia Masih Kekurangan 120 Ribu Dokter Umum

"Kami berharap dengan adanya pembaruan kurikulum ini, kualitas para kurator dan pengurus di Indonesia dapat semakin meningkat," tambah Ketua Umum IKAPI, Oscar Sagita.

IKAPI akan menyelenggarakan Pendidikan Intensif untuk Kurator dan Pengurus Angkatan XIV. Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 12 Agustus hingga 25 Agustus 2024, bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Dilakukannya pendidikan tersebut, untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi dari kurator dan pengurus. Cakupannya dari berbagai aspek kuratorial, mulai dari teori hingga praktik.

"Kegiatan ini memang rutin kami lakukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan SDM dan mutu para kurator dan pengurus yang profesional dan berintegritas," tambah Oscar

Pasca pendidikan, peserta akan mengikuti ujian pada 6 September 2024 di Grand Ballroom Redtop Hotel & Convention, Jakarta Pusat. Ujian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami materi yang telah diberikan sebelumnya.

Diinformasikan, pendaftaran untuk Pendidikan Intensif IKAPI Angkatan XIV dibuka mulai tanggal 29 Juli hingga 9 Agustus 2024. Nantinya peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 42.5juta untuk pendidikan dan Rp 5 juta untuk ujian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya