RS Citra Arafiq Depok Kebakaran Diduga dari Percikan Rokok

Kondisi RS Citra Arafiq Kelapa Dua Depok pasca kebakaran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

VIVA – Percikan rokok diduga menjadi penyebab kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Citra Arafiq, Kelapa Dua, Depok, Rabu (24/7/2024) semalam. Diduga percikan api itu terkena ke ruang genset yang ada di luar gedung rumah sakit.

 Tinggal di Kawasan Padat? Waspada Bahaya Kebakaran, Ikuti Tips Ini

“Ini di luar gedung utama, jauh gedungnya di sini, akibat ada orang merokok, merokok di depan area sini akibatnya terkena percikan genset sehingga tidak ada kaitan dengan rumah sakit sama sekali,” kata Komisaris Utama Rumah Sakit Citra A Rafiq, Fahd El Fouz A Rafiq, Kamis (25/7/2024).

Saat kebakaran semalam, pasien langsung dievakuasi. Pasien dibawa ke sejumlah rumah sakit sekitar. Yaitu ke  RS Citra Arafiq Sawangan dan Rumah Sakit Brimob Kelapa Dua.

Sulit Nahan Nafsu, Dokter di Balikpapan Diduga Lecehkan Pasien saat MCU

“Total ada 50 sampai 60 pasien yang dievakuasi,” ujarnya.

Kebakaran di RS Citra Arafiq Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)
Gudang di Pondok Bambu Jaktim Kebakaran, 17 Unit Pemadam Dikerahkan

Fahd menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Seluruh pasien dalam kondisi selamat. Pasien yang dirawat di RS Citra Arafiq bukan pasien dengan kategori berbahaya.

“Kita rumah sakit tipe bukan yang terlalu gawat, kalau tipe B bahaya. Alhamdulillah tidak ada korban apapun,” ujarnya.

Fahd menambahkan, operasional rumah sakit sudah berjalan kembali. Semalam aliran listrik sempat padam selama 1,5 jam.

“Satu jam setengah. Tiang listrik ini yang mematikan kita bukan PLN. Yang mematikan listrik ini bukan kebakaran tetapi kita yang mematikan dalam rangka pencegahan untuk memperbaiki aliran listrik dan dan disuplai lagi oleh PLN, makanya mekanisme aturannya kita jalani dengan baik. Sudah sesuai dengan aturannya. Sudah beroperasi normal semalam,” pungkasnya.

Pasien dilarikan ke rumah sakit lain

Musibah kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Citra Arafiq Kelapa Dua menyebabkan kepanikan. Seluruh pasien dievakuasi ke luar gedung. Mereka sementara ditempatkan di gang permukiman warga dan masjid.

“Pasien sementara tadi saya lihat posisinya oleh manajemen bahwa kita sampaikan ada 10 pasien ke IGD ke rumah sakit berbeda karena kondisi gawat darurat,” kata Kasie Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Tessy Haryati, Rabu (24/7/2024).

Api berasal dari ruang penyimpanan genset. Namun api tidak sampai merembet ke gedung utama. Kendati demikian seluruh pasien tetap dievakuasi keluar gedung karena aliran listrik padam.

“Diperlukan proses evakuasi pasien mulai dari lantai bawah sampai atas. Yang lain dievakuasi keluar, di masjid, lapangan RW sekitar RS di gang,” tukasnya.

Api berhasil dipadamkan dalam waktu 30 menit. Ada delapan unit PTO dari Depok yang diterjunkan, serta satu unit bantuan dari Jakarta Selatan. Saat ini sedang dalam proses pendinginan.

“Proses pemadaman sekitar 30 menit, turunkan 8 PTO dan perbantuan 1 dari Jaksel. Selama proses tidak ada kendala karena pihak RS sigap mengevakuasi pasien, jadi kami berbagi tugas, dari RS mengevakuasi pasien, kami lakukan pemadaman,” ungkapnua.

Tesi menyebut, asal api dari ruang genset. Api berkobar dan berdampak luar biasa terhadap satu gedung.

“Kami baru selesai proses pemadaman di RS Citra Arafiq. Kondisi sekarang sudah normal. Dugaan penyebab dari ruang genset terbakar, ukurannya cukup besar, dampaknya terhadap satu gedung luar biasa,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya