RS Citra Arafiq Depok Kebakaran, Pasien dan Keluarganya Panik Keluar Berhamburan

RS Citra Arafik terbakar, pasien berhamburan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

Depok – Kebakaran kembali terjadi di Depok, Jawa Barat, Rabu malam, sekitar pukul 20.30 WIB tadi. Lokasi yang terbakar adalah salah satu bagian Rumah Sakit Citra Arafiq, Kelapa Dua, Depok. 

Satu Orang Tewas dalam Kebakaran Rumah Kontrakan di Grogol

Akibat insiden kebakaran itu, pasien dan perawat panik dan berhamburan keluar rumah sakit. Belum diketahui pemicu kebakaran. Pun, juga kemungkinan ada korban jiwa atau tidak. 

Petugas dan tenaga kesehatan saat kejadian terlihat mengevakuasi pasien dari rumah sakit.

Kebakaran di Penggilingan Jaktim Diduga Akibat Korsleting Listrik

Dari rekaman video yang beredar, api terlihat cukup besar. Aliran listrik langsung padam dan menambah genting suasana.

Maya, salah seorang tenaga kesehatan mengatakan, kebakaran terjadi saat dirinya sedang di ruang cuci darah. Tiba-tiba aliran listrik padam dan dia langsung keluar ruangan. “Tadi lagi di ruang cuci darah tiba-tiba listrik mati,” katanya, Rabu, 24 Juli 2024.

Mobil Mercedes Terbakar di Ancol, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Ilustrasi kebakaran

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

Naufal Sutawijata, saksi mata menceritakan api berasal dari salah satu ruangan. Diduga ruangan itu adalah penyimpanan genset.

“Tiba-tiba terdengar ada suara letupan, kirain apa. Sepertinya kurang oli atau panas. Lagi ada pengerjaan penambahan gedung, enggak tahu pasti juga penyebabnya apa,” katanya.

Kesaksian lain diungkapkan Romdony, salah satu kerabat keluarga pasien. Saat kejadian, dia sedang menjenguk kerabatnya di lantai 3. 

Kerabatnya hendak dipindah dari ruang rawat lantai 3 ke ICU. Namun, ia sempat mendengar ada suara letupan dari lantai 1.

“Setelah itu diumumkan lewat speaker rumah sakit kalau ada korsleting listrik. Setelah itu listrik mati. Itu yang bikin panik,” katanya.

Petugas kemudian memberikan instruksi agar pasien dievakuasi. Pasien di lantai 3 dievakuasi melalui tangga darurat. Di lantai 3 ada puluhan pasien yang dirawat.

“Saya di lantai 3, pasien semua dievakuasi turun, ada yang lewat tangga darurat sama jalur evakuasi," sebut Romdony. 

"Yang pakai tempat tidur aja ada puluhan. Saya bantu evakuasi dan mengarahkan ke sebelah kanan gedung yang arah RTM dan dievakuasi ke RS terdekat,” kata Romdony.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya