Cara Kombes Latif Didik Anak Buah Tidak Lagi Terima Pungli

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman mengungkap caranya mendidik anak buah supaya tak menerima pungutan liar (pungli).

Tak Mau Kena Macet, Masyarakat Diimbau Hindari Kawasan GBK Sore Ini

Caranya dengan menunjukkan video oknum polisi saat jadi pelaku pungli. Dia mengklaim, hal itu telah dilakukan saat menggelar apel pada Jumat, 12 Juli 2024 pagi. Dalam apel tersebut, Latif mengumpulkan anggotanya dan anggota Satuan Lalu Lintas Polres jajaran secara virtual.

"Saya apelkan dan langsung anggota secara keseluruhan melihat," ujar dia, Sabtu, 13 Juli 2024.

Cerita Tahanan KPK Kalau Tak Bayar Iuran: Diisolasi, Makanan Telat hingga Tak Boleh Olahraga

Mantan Dirlantas Polda Jawa Timur ini menambahkan, dirinya sengaja menampilkan video saat polisi melakukan pungli. Termasuk saat polisi viral melakukan pungli receh di ruas Jalan Tol Halim. Kata dia, video ditampilkan dengan videotron.

"Mereka melihat ini pantas atau tidak, ini layak atau tidak, ini bisa kita tampilkan di tengah masyarakat atau tidak, apakah kita tidak malu kelakuan-kelakuan kita? Kalau saya ngomong mungkin, tapi video-video viral sudah kita tampilkan ke seluruh anggota, biar anggota melihat langsung, meresapi langsung. Ini tidak patut ditampilkan lagi, ini tidak patut dihadirkan di tengah masyarakat," ujar dia.

Beli Apartemen 12 Tahun Lalu, Ibu Ini Justru Ditangkap Polda Metro Jaya Hingga Lebam

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menyebut polisi lalu lintas (polantas) yang melakukan pungutan liar (pungutan liar) receh ke pengemudi mobil pikap di jalan Tol Halim, sudah dimutasi.

"Sudah, lagi proses, sudah kita lakukan untuk sementara sudah kita lakukan mutasi. Segera pindah dari lalin. Kita usulkan untuk keluar dari lalin," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman, Jumat, 12 Juli 2024.

Viral Oknum Polantas Diduga Pungli Rokok ke Ojol di Pasar Minggu

Photo :
  • Istimewa

Namun, cuma satu anggota yang dimutasi. Dia tidak merinci siapa sosoknya. Mantan Dirlantas Polda Jawa Timur itu pun tidak merinci kemana yang bersangkutan dimutasi.

"Kita lihat skala prioritas, karena satu, yang dua orang ini kan pelaksana tugas tapi kan tidak tahu prosesnya. Yang satu yang memang kita keluarkan," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya