3 Rumah di Tangsel Terdampak Longsor, 15 Jiwa Dievakuasi Petugas

Petugas melakukan pembersihan puing pada lokasi tanah longsor di Tangsel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Hujan deras yang melanda wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada sore hingga malam hari, Senin, 8 Juli 2024, mengakibatkan tiga rumah longsor di Jalan Sari Mulya, Puri Serpong, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Tangsel.

Gempa Magnitudo 4,9 SR Guncang Gianyar Bali, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel, Essa Nugraha mengatakan, dari peristiwa tersebut, sebanyak 15 jiwa dari 3 Kepala Keluarga (KK), dievakuasi petugas.

"Ya, longsor semalam, yang mana tiga rumah rusak. Pada bencana ini, ada tiga kepala keluarga yang terdampak dan sudah dievakuasi ke lokasi lebih aman tidak jauh dari titik bencana," katanya, Selasa, 9 Juli 2024.

Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diprakirakan Diguyur Hujan Hari Ini

Ilustrasi perbaikan longsor.

Photo :
  • Zahrul Darmawan

Dia melanjutkan, longsor tersebut diakibatkan adanya curah hujan yang cukup tinggi, yang melanda wilayah Tangerang Selatan sejak Sabtu, 6 Juli 2024, hingga kemarin. Ditambah, adanya struktur tanah di kawasan setempat yang tidak stabil.

Badai Tropis Yagi Menerjang Filipina, 11 Orang Tewas

"Longsor di kawasan tersebut akibat curah hujan dan struktur tanah yang tidak stabil. Ditambah memang, intensitas hujan sejak 6 Juli 2024 cukup tinggi hingga kemarin," ujarnya.

Dalam peristiwa itu, bukan hanya rumah yang mengalami kerusakan, namun akses jalan setempat turut terdampak karena tertutup puing dan tanah longsor.

"Akses jalan perumahan sempat tertutup, namun sejak semalam tim melakukan pembersihan dan saat ini sudah bisa dilintasi, namun tetap berhati-hati," ujarnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya