Heru Budi Tambah 200 Armada Bus Listrik TransJakarta Akhir 2024

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Dok. Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono rencananya akan menambah 200 armada bus listrik TransJakarta. Ia menyebut rencana penambahan itu akan dilakukan pada akhir tahun 2024.

Alasan Partai Demokrat Jakarta Usulkan Heru Budi di Pilkada DKI

"Bus listrik sudah kami beli mulai tahun lalu (2023), target akhir tahun ini (2024) akan nambah lagi. Jumlahnya sekitar 200 unit bus listrik," kata Heru Budi di Cengkareng, Jakarta Barat pada Jumat, 21 Juni 2024.

Ilustrasi Transjakarta Electric Bus (Foto: Jakarta.go.id)

Photo :
  • Jakarta.go.id
Heru Budi Kumpulkan Jajarannya Antisipasi Data Pemprov Jakarta Diretas Seperti PDN

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu mengaku hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan cakupan transportasi di Jakarta lebih dari 89,7 persen. 

Ia juga mengaku penambahan bus listrik itu bertujuan untuk pembayaran integrasi. Di mana, kata dia, pembayaran dilakukan hanya satu kali saat menumpang dua atau lebih moda transportasi yang mencakup Transjakarta, MRT dan LRT.

Tenda Pengungsi WNA di Jaksel Ganggu Estetika, Heru Budi Colek UNCHR

"Di sisi lain, kami menuju pembayaran integrasi 10 ribu rupiah maksimum," katanya.

Di sisi lain, penambahan armada bus listrik ini juga menjadi salah satu cara menekan polusi udara yang meningkat dari beberapa hari terakhir. Ia menilai bus listrik memiliki polutan yang rendah dibandingkan bus berbahan bakar diesel maupun kendaraan pribadi.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memberikan arahan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta untuk melakukan rekayasa cuaca demi mengatasi polusi udara yang memburuk. 

"Jadi, BPBD saya minta untuk bisa melakukan beberapa rekayasa cuaca supaya bisa menurunkan masalah situasi kondisi Jakarta saat ini," ujar Heru Budi di Jakarta Barat pada Jumat, 21 Juni 2024.

Di sisi lain, Heru Budi meminta kepada seluruh masyarakat bersama-sama menjaga kualitas udara di Jakarta agar bersih dari polusi. "Semuanya kita mengatasi dengan ya supaya udara Jakarta bersih ya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya