Heru Budi Akan Perketat Pengamanan Jakarta Marathon Imbas Ada Jambret Saat CFD

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menegaskan bakal memperketat pengamanan dalam rangka pelaksanaan Jakarta Marathon pada 23 Juni 2024 mendatang. 

Heru Budi Klaim Susah Untuk Maju Pilgub Jakarta: Kandidat Lain Lebih Bagus Dari Saya

Peningkatan pengamanan itu merupakan imbas adanya jambret saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Heru bakal mengarahkan anak buahnya untuk menerjunkan ribuan personel pengamanan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Sempat Ditunda karena Pemilu, Ratusan Bangunan PKL di Sepanjang Kebun Teh Bogor Dirobohkan

"Ya kemarin saya sudah rapatkan, Trantib (Satpol PP) akan mengerahkan kurang lebih 2.400, Dinas Perhubungan mengerahkan 1.500 anggota," ujar Heru Budi kepada wartawan di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • Youtube
Respons Heru Budi soal Peluang Maju di Pilgub Jakarta: Hari Esok Penuh Misteri

Heru mengaku heran karena ada peristiwa penjambretan pada saat CFD berlangsung. Pasalnya, kata dia, kendaraan bermotor seharusnya tak boleh melintas ketika CFD sedang berlangsung. "Emang bisa masuk kemarin?" kata dia.

Sebelumnya, penjambret yang berbonceng dua tertangkap kamera fotografer saat melakukan aksinya ketika car free day (CFD) di Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juni 2024. 

Kasus penjambretan tersebut terjadi saat masyarakat tengah berolahraga. Seorang pelari remaja menjadi korbannya. Ponselnya dijambret oleh pengendara motor.

Sementara foto-foto penjambret itu seketika viral di media sosial X. Wajahnya terlihat jelas di foto dan juga dengan pelat nomor motor B 3983 PFB yang digunakannya.

Menurut Roni Asnan, pemilik akun @asnanfoto yang mengunggah foto penjambret itu, kejadian berlangsung pada pukul 06.15 WIB di Jalan Jenderal Sudirman depan Hotel Sahid. 

Kasus berawal korban yang merupakan remaja berusia kira-kira 15 tahun sedang jogging bersama keluarganya.

Sementara itu, Kapolsek Metro Tanah Abang Ajun Komisaris Besar Polisi Aditya S.P. Sembiring mengungkapkan, kepolisian sudah mengantongi identitas pelaku penjambretan di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Thamrin-Jalan Sudriman, Jakarta pada Minggu, 16 Juni 2024.
 
"Untuk pelaku sudah kita dalami. Kita sudah mengantongi identitas terduga pelaku setelah mengidentifikasi terhadap wajah yang viral di media sosial dan juga pelat kendaraan yang digunakan pelaku, dan masih dalam pengejaran," kata Aditya saat dikonfirmasi di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Selasa, 18 Juni 2024.
 
Aditya mengatakan, kepolisian akan terus mengusut tuntas kasus penjambretan di CFD hingga pelakunya tertangkap. Polisi juga meminta pelaku jambret untuk menyerahkan diri mengingat wajahnya sudah terekam kamera fotografer yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya