Kaukus Muda Betawi Sebut Ketua Umum FBR Cocok Dampingi Anies atau Ridwan Kamil di Pilkada DKI

Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR), Lutfi Hakim
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

Jakarta - Imam Besar Forum Betawi Rempug (FBR), KH. Lutfi Hakim dinilai menjadi pendamping ideal untuk maju sebagai pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Sebab, Lutfi merupakan representasi tokoh lokal atau putra daerah Betawi.

Hasto Bocorkan Usulan Calon PDIP di Pilkada Jakarta, Jatim, dan Jateng

Pengurus Kaukus Muda Betawi, Irfan Ghani mengatakan Lutfi Hakim selain tokoh Betawi, juga dikenal sebagai kelompok kanan terutama agamis. Sehingga, kata dia, sosok Lutfi ini tidak boleh dianggap sebelah mata bagi para kontestan termasuk partai politik untuk ajang Pilkada DKI Jakarta 2024.

“Lutfi Hakim selain Betawi merupakan kelompok kanan terutama agamis, ini bukan kelompok kecil pemilih di Jakarta. Tentu ini harus dihitung oleh lawan politiknya apalagi Lutfi Hakim sangat berjiwa pluralisme,” kata Irfan melalui keterangannya pada Rabu, 19 Juni 2024.

Di Rakernas III ADKASI, Wamendagri Apresiasi Tingkat Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024

Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR), Lutfi Hakim

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro

Menurut dia, Lutfi bisa menjadi opsi mendampingi nama yang beredar seperti Anies Baswedan maupun Ridwan Kamil (RK) untuk digadang-gadang maju pada Pilkada DKI. Karena, ia menyebut Lutfi juga berpengalaman sebagai Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama (PWNU) Jakarta, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta.

Pengamat Ungkap Prabowo Effect di Pilgub Jateng, Ini Calon yang Bakal Dapat Berkahnya 

“KH. Lutfi bisa menjadi opsi bagi Anies maupun Ridwan Kamil karena representasi kelompok agamis sekaligus putra Betawi. KH Lutfi bahkan berpeluang menggaet pemilih etnis Betawi karena beliau salah satu tokoh Betawi," ujarnya.

Namun, Irfan melihat Lutfi meski lekat dengan kelompok agamis tapi tidak memicu resistensi dengan pendukung manapun yang cenderung berasal dari kelas menengah atas. “Karena, KH. Lutfi berasal dari NU,” jelas dia.

Kata dia, Jakarta masih menjdi barometer politik nasional sekalipun sudah tidak berstatus sebagai Ibu Kota Negara tapi berubah statusnya menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Sedangkan, lanjut dia, Lutfi dianggap memiliki kemampuan untuk menggaet dukungan dari kelompok pemilih guna memenangkan kontestasi Pilkada DKI Jakarta.

"Apalagi pada Pemilu 2024, PDIP tidak lagi menjadi partai pemenang di Jakarta. Justru PKS yang unggul. Ini menandakan pemilih agamis cukup sentral untuk didekati," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) Lutfi Hakim mencalonkan dirinya maju di Pilgub DKI Jakarta pada Pilkada serentak tahun 2024 lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Hal itu diketahui ketika dirinya menyerahkan formulir pendaftaran yang telah dilengkapi sebagai bakal calon gubernur (bacagub) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta.

Lutfi mengembalikan formulir itu ke DPW PSI pada Rabu 12 Juni 2024 hari ini. Dan penyerahan formulir tersebut langsung diterima oleh Ketua Desk Pilkada Jakarta, Justin Adrian Untayana dan jajarannya.

"Kami melihat pengalaman dan kontribusi Lutfi Hakim sebagai Ketua Umum FBR. Pengalamannya dalam memimpin organisasi besar dan mengelola berbagai kegiatan kemasyarakatan merupakan aset berharga yang bisa diterapkan untuk memajukan Jakarta," ujar Justin pada Rabu, 12 Juni 2024. 

Justin mengapresiasi kedatangan ketum FBR itu. Sebab, Lutfi sudah menyatakan bahwa dirinya akan komitmen untuk mendukung setiap calon yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan nilai-nilai PSI, yaitu transparansi, akuntabilitas, dan keberpihakan pada rakyat.

Justin menjelaskan kontribusi Lutfi Hakim yakni telah memberikan semangat anti intoleransi dan juga pluralisme dapat terlihat dari struktur pengurus FBR yang terdiri dari beragam etnis dan agama.

Sementara itu, Lutfi menjelaskan bahwa menyampaikan visinya untuk Jakarta yang mencakup peningkatan layanan publik, pendidikan, dan kesehatan. 

"Visi saya untuk Jakarta adalah menciptakan kota yang aman, tertib, dan maju, dengan fokus pada peningkatan layanan publik, pendidikan, dan kesehatan. Saya percaya bahwa semangat kebersamaan dan kepemimpinan yang saya bawa dari FBR dapat diterapkan untuk mengelola kota ini dengan lebih efektif," ujar Lutfi Hakim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya