BPBD Ingatkan Pesisir Jakarta Harus Waspada Banjir Rob pada 18-24 Juni

Banjir rob di Muara Angke, Minggu 25 Desember 2022
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir di Jakarta untuk periode 18-24 Juni 2024. Peringatan itu langsung dikeluarkan di media sosial instagram resmi @bpbddkijakarta.

Gibran Rakabuming Raka Ikut Heru Budi Tinjau Proyek Banjir Semongol di Jakarta

Dalam unggahan pada Selasa, 18 Juni 2024 itu, BPBD menyebutkan ada beberapa wilayah di Jakarta Utara berpotensi terkena banjir pesisir atau rob akibat adanya fenomena pasang maksimum air laut.

"Berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir (Rob) tanggal 18-24 Juni 2024," dikutip dari laman instagram BPBD Jakarta pada Rabu, 19 Juni 2024.

Wabah Leptospirosis Meluas di Filipina, Angka Kematian Capai 84 Kasus

Banjir rob di Pluit

Photo :
  • ANTARA

BPBD juga menyampaikan potensi banjir rob di pesisir Jakarta disebabkan fenomena pasang air laut bersamaan dengan fase bulan purnama. Adapun, puncak pasang diperkirakan maksimum pada pukul 20.00 hingga 24.00 WIB.

Banjir Bandang Terjang Dua Desa di Parigi Moutong, Menurut BPBD Sulteng

"Fenomena pasang maksimum air laut yang bersamaan dengan fase Bulan Purnama berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir, atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta," tulisnya.

Sementara wilayah yang berpotensi terkena banjir rob pada 18-24 Juni 2024 adalah:

1. Kamal Muara

2. Kapuk Muara

3. Penjaringan

4. Pluit 

5. Ancol 

6. Kamal

7. Marunda

8. Kalibaru

9. Cilincing

10. Muara Angke

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya