Viral Pejambret di Car Free Day, Dishub Jakarta Akan Tingkatkan Pengawasan

Viral Muka dan pelat Nomor Motor Terduga Pelaku Jambret di CFD Tersebar
Sumber :
  • Instagram @asnanfoto

Jakarta --  Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal meningkatkan keamanan di area car free day (CFD) terkait adanya sekelompok penjambret yang viral saat beraksi mengambil telepon seluler (ponsel) warga.

Viral, Oknum Dishub Hapus Tulisan Parkir Gratis di Minimarket Lombok Barat

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional (Dalops) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta, Harlem Simanjuntak mengatakan penjambretan terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juni 2024. 

"(Setelah kejadian itu) akan lebih kami tingkatkan pengawasan di lapangan," ujar Harlem dalam keterangannya, Selasa 18 Juni 2024.

Server PDNS Diretas, Guru Besar IT: Tidak Ada Sistem yang Dijamin Keamanannya

"Dalam lokasi HBKB (hari bebas kendaraan bermotor) mulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB, tidak diperbolehkan kendaraan melintas, baik mobil maupun motor," katanya menambahkan. 

Drone Milik Pemprov DKI Jakarta di Arena Car Free Day (CFD)

Photo :
  • Antara
Jangan Obral Data Pribadi

Harlem mengatakan, Dishub DKI akan mengecek waktu penjambret tersebut masuk ke area CFD. "Akan kami cek jam berapa si pengendara motor ini masuk ke lokasi HBKB dan dari jalan mana masuknya," ujar Harlem.

Selama rentan waktu tersebut, dia mengatakan, pihaknya selalu berjaga di setiap titik lokasi CFD untuk memantau ketertiban. "Dalam kondisi atau keadaan seperti apa si pengendara memasuki lokasi HBKB, karena semua titik penjagaan sudah ditempatkan anggota," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, penjambret yang berbonceng dua tertangkap kamera fotografer saat melakukan aksinya ketika car free day (CFD) di Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juni 2024. 

Kasus penjambretan tersebut terjadi saat masyarakat tengah berolahraga. Seorang pelari remaja menjadi korbannya. Ponselnya dijambret oleh pengendara motor.

Sementara foto-foto penjambret itu seketika viral di media sosial X. Wajahnya terlihat jelas di foto dan juga dengan pelat nomor motor B 3983 PFB yang digunakannya.

Menurut Roni Asnan, pemilik akun @asnanfoto yang mengunggah foto penjambret itu, kejadian berlangsung pada pukul 06.15 WIB di Jalan Jenderal Sudirman depan Hotel Sahid. 

Kasus berawal korban yang merupakan remaja berusia kira-kira 15 tahun sedang jogging bersama keluarganya.

Sementara beberapa petugas Satpol PP sudah berusaha mengejar untuk menghalangi laju penjambret, tetapi tidak bisa tertangkap.

Menanggapi  kasus ini, Kapolsek Tanah Abang AKBP Aditya Simanggara Pratama mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku jambret tersebut. "Sedang kami usut. Kami telusuri dulu," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya