DPKP Kabupaten Tangerang Temukan Kasus Cacing Hati pada Hewan Kurban

Proses pemeriksaan hewan kurban di Tangerang oleh DPKP.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kabupaten Tangerang, menemukan kasus cacing hati (fasciola heoatica). Cacing tersebut ditemukan pada bagian hati dari hewan kurban.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada DPKP Kabupaten Tangerang Joko Ismadi mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya per kemarin, Senin, 17 Juni 2024, sebanyak 8 kasus penemuan cacing pada hati hewan kurban. "Kami terima laporan ada delapan kasus cacing hati pada hewan kurban," katanya, Selasa, 18 Juni 2024.

Cacing itu ditemukan usai proses penyembelihan dan pembersihan daging sebelum dicincang dan dibagikan ke masyarakat. Atas kondisi itu, tim kesehatan dari DPKP pun meminta agar bagian hewan yang terdapat cacing itu, untuk dimusnahkan.

Viral Aksi DJ Sunny Wijaya Makan Daging Kambing Mentah Berujung Kecaman Warganet

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi


"Tim kesehatan hewan sudah langsung memusnahkan organ hati sapi yang terdeteksi kasus tersebut. Dan sudah kami cek, meski memang ada temuan, namun dagingnya layak untuk di konsumsi. Sementara hati yang ada cacingnya tidak layak dikonsumsi dan dimusnahkan," ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya juga masih terus melakukan monitoring penyembelihan hewan kurban, mengingat masih terdapat beberapa kawasan di Kabupaten Tangerang yang melakukan penyembelihan hewan kurban.
.
"Sejauh ini baru delapan kasus itu, dengan satu ekor kerbau dan tujuh ekor sapi. Sementara yang lain masih kita lakukan monitoring," ujarnya.

Untuk di Kabupaten Tangerang, sementara dilaporkan jumlah hewan kurban yang dipotong di 26 kecamatan dengan 392 titik lokasi sebanyak 4.747 ekor hewan kurban, di antaranya 1.349 ekor sapi, 14 ekor kerbau, 847 ekor kambing dan 2.537 ekor domba.

Cara Didimax Mengedukasi dan Berbagi di Hari Raya Kurban

Top Trending: 'Kampung Maling' Diboikot, Kuburan Jadi Kebun Sayur, Muallaf Ingin Kurban Babi
Korea Utara (Korut) mengirimkan balon berisi sampah ke Korea Selatan

Korut Kirim Lagi Balon Udara ke Korsel, Berisi Tinja hingga Baju Hello Kitty Bekas

Korea Utara mengatakan bahwa balon-balon tersebut merupakan pembalasan atas kampanye propaganda para pembelot Korut di Korsel

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2024