Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Kondisi Lalu Lintas malam Takbiran di Bundaran HI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI telah resmi menetapkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024. Walhasil, warga pun menyambut meriah momen malam Idul Fitri 1445 H ini dengan berkeliling jalanan Jakarta.

Bikin Gregetan, Pemotor Emak-emak Berkali-kali Halangi Ambulans

Berdasarkan pantauan VIVA, Kondisi malam takbiran di Bundaran HI saat ini terpantau padat merayap. Sejumlah kendaraan motor hingga mobil tampak memadati arus lalu lintas di sekitaran Bundaran HI.

Suasana Malam Takbiran di Ibu Kota

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Polri Minta Maaf atas Rekayasa Lalu Lintas Selama Kunjungan Paus Fransiskus

Namun begitu, banyak pemotor yang terlihat tak patuh mengenakan helm saat berkendara. Tetapi beruntungnya lalu lintas di sekitaran Bundaran HI bisa dikendalikan meski kondisinya padat merayap.

Anggota Subdit Kamsel Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Dewita mengatakan bahwa memang benar arus lalu lintas di Bundaran HI dalam kondisi yang padat merayap. Tetapi, semua masih bisa diatasi dengan baik.

Viral Video Detik-detik Pemotor Nyaris Tertabrak Ambulans di Jalan Raya Parung, Aksinya Bikin Geram

Dewita juga menjelaskan bahwa untuk pemotor yang tak mengenakan helm saat berkendara memang hanya diberikan teguran yang preventif saja di malam takbiran ini.

"Kita dari subdit kamsel melaksanakan himbauan peneguran terhadap roda dua yang tidak menggunakan helm, jadi kami mengimbau agar menggunakan helm keselamatam guna keselamatan pribadi dalam berkendara," ujar Dewita di lokasi, Selasa 9 April 2024 malam.

Dewita mengimbau pemotor yang tampak tak mengenakan helm untuk tetap menjaga keselamatannya dalam berkendara. Sebab, helm masih bisa dibeli.

"Karena kalau dibilang penindakan ini banyak sekali ya jadi kita mengimbau untuk pengguna jalan itu lebih peduli lebih sadar untuk keselamatan dirinya. Karena helm itu banyak yang jual emang, tapi kalau kepala itu gaada yang jual," tuturnya.

Pemerintah Tetapkan Hari Lebaran Digelar Besok

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024 besok. 

Hal tersebut diketahui usai Kemenag RI mengumumkan melalui hasil sidang isbat yang digelar pada Selasa 9 April 2024 sore.

"Disepakati bahwa satu syawal tahun 1445 H jatuh pada hari rabu tanggal 10 april," ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut di Jakarta Pusat, Selasa 9 April.

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Gus Yaqut menjelaskan bahwa penetapan 1 Syawal 1445 H itu sudah dilihat melalui sejumlah titik hilal di sejumlah wilayah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya