Antisipasi Banjir di Musim Hujan, Heru Budi Keruk Semua Sungai di Jakarta

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menhub Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan pihaknya bakal mengeruk seluruh sungai atau kali yang ada di Ibu Kota. Langkah tersebut dilakukan, untuk mengantisipasi banjir, dimana saat ini musim hujan sudah masuk.

Hujan Lebat, Ini Titik Banjir di Mataram

"Ya (persiapan jelang musim hujan) dikeruk semua kali-kali," ujar Heru Budi kepada wartawan di Jakarta, dikutip, Senin, 13 November 2023.

Heru mengatakan, saat ini Dinas Sumber Daya Air (SDA) tengah melakukan pengerukan sejumlah kali. Dengan begitu, ia berharap hal itu bisa mengantisipasi terjadinya banjir akibat luapan air sungai.

Pj Gubernur Papua Tengah Siap Sukseskan Pilkada 2024 Usai Dikasih Reward oleh KPU

"SDA kan sekarang sedang keruk semua kali primer maupun sekunder, mudah-mudahan bisa atasi banjir," jelasnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta turut memetakan beberapa titik rawan banjir di Ibu Kota. Hal itu dilakukan karena Indonesia diprediksi memasuki musim penghujan pada bulan November 2023.

Daftar Titik Banjir di Jakarta Selatan Akibat Hujan Deras

Kepala BPBD DKI, Isnawa Adji mengatakan, terdapat 25 kelurahan dari total 297 kelurahan di Jakarta yang disinyalir menjadi daerah rawan diterjang banjir.

"25 kelurahan itu umumnya adalah wilayah yang dialiri oleh 13 sungai di Jakarta. Contohnya kalau Katulampa siaga 2 atau siaga 1 otomatis ada 6 sampai 8 jam akan ada daerah daerah yang mengalami dampak dari ketinggian air Ciliwung, misalnya Kalibata, Kebon Baru, Jatinegara, Condet dan lain lain," kata Isnawa kepada wartawan,  Jumat, 10 November 2023.

Di sisi lain, kata Isnawa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terus melakukan optimalisasi guna menghalau adanya banjir tersebut.

"Misalnya Dinas SDA itu sudah melakukan pengerukan, penurapan kali sungai waduk danau kemudian ada konsep 942, penurapan 9 polder, 4 waduk, dan revitalisasi 2 sungai, kemudian membuat vertikal vertikal drainase," ujar dia.

Selain SDA, kata Isnawa, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga sudah menyiapkan ratusan alat berat untuk membantu mengantisipasi terjadinya banjir.

Berikut daftar 25 kelurahan di Jakarta yang rawan banjir: 

Jakarta Barat 

1. Rawa Buaya 
2. Tegal Alur 
3. Kedoya Selatan 
4. Kedoya Utara 
5. Kembangan Utara 

Jakarta Selatan 

6. Cipete Utara 
7. Petogogan 
8. Cipulir 
9. Pondok Pinang 
10. Ulujami 
11. Pondok Labu 
12. Bangka 
13. Pejaten Timur 
14. Jati Padang 

Jakarta Timur 

15. Bidara Cina 
16. Kampung Melayu 
17. Cawang 
18. Cililitan 
19. Cipinang Melayu 
20. Kebon Pala 
21. Makasar 
22. Rambutan 

Jakarta Utara 

23. Pademangan Barat 
24. Pluit 
25. Rorotan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya