Polisi Olah TKP Kebakaran Museum Nasional Hari Ini

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Jakarta - Polisi akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran yang terjadi di Musem Nasional, Jakarta Pusat pada Sabtu, 16 September 2023 malam.

Remaja di Puncak Bogor Dipukuli Hingga Meninggal Dunia

"Hari ini ada (olah TKP lanjutan). Tindak lanjut sudah dari semalam sudah kita tindaklanjuti, kali penyebabnya ya belum, kan masih nunggu hasil Labfor (laboratorium forensik)," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin saat dihubungi, Minggu, 17 September 2023.

Adapun proses olah TKP itu akan melibatkan beberapa stakeholder terkait, termasuk dari pihak kepolisian untuk melakukan pendataan barang atau benda-benda bersejarah yang terbakar. 

Polisi Kantongi Identitas Begal Motor yang Tembak Korbannya di Tangerang

Tak hanya melakukan pendataan, Komarudin dan pihaknya juga akan menggandeng sejumlah pihak untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Museum Nasional kebakaran

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Pria yang Acungkan Golok ke Aiptu Agus Pengguna Psikotropika, Kejiwaannya Diperiksa

"Hari ini akan turun tim labfor. Ada tim yang memang nanti ditunjuk dari pengelola dari museum," kata dia. 

Lebih lanjut, Komarudin pun menerangkan bahwa kebakran itu melanda 20 persen gedung A Museum Nasional. Ia pun mengaku telah memeriksa sebanyak enam saksi atas insiden itu.

"Kalau secara keseluruhan ya kalo hanya gedung A sekitar 20 persen. 10 sampai 20 persen. B dan C enggak (terbakar)," kata Komarudin. 

"Jadi informasi mereka, dari security mendengar ada yang teriak bahwa ada api, kemudian security berupaya memadamkan dengan menggunakan apar namun apar tidak mampu memadamkan," sambungnya.

Diketahui, Museum Nasional atau Museum Gajah, yang berlokasi di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, seberang Monas dilanda kebakaran, Sabtu malam, 16 September 2023, dalam kejadian ini 13 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan personil yang diterjunkan ke lokasi juga ada sebanyak 52 orang dalam kloter pertama penanganan.

"Pengerahan unit ke lokasi 13 unit dan 52 personel," ujar Satriadi Gunawan dalam keterangannya, Sabtu 16 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya