Kebakaran Museum Nasional, Bagaimana Nasib Benda-benda Bersejarah?

Kebakaran Museum Nasional.
Sumber :
  • Andrew Tito/VIVA.

Jakarta – Benda-benda bersejarah yang berada di Gedung A Museum Nasional atau Museum Gajah di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, seberang Monas, belum bisa dievakuasi saat ini, pasca kebakaran melanda Sabtu malam, 16 September 2023. 

Gudang di Pondok Bambu Jaktim Kebakaran, 17 Unit Pemadam Dikerahkan

Meski api telah sepenuhnya padam, saat ini, dikatakan, area yang terbakar sedang proses pendinginan. 

"Saat ini belum bisa dilakukan (evakuasi), kondisi di dalam juga belum memungkinkan untuk bisa masuk ke dalam," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombesc Komarudin kepada awak media, Sabtu, 16 September 2023.

Toko Mainan di Tambora Terbakar Hebat, 17 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Museum Nasional Indonesia

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Komarudin juga belum bisa memastikan benda bersejarah apa saja yang terbakar. Sebab ada sekitar empat ruangan di Gedung A yang terbakar. Selain itu, berapa nilai kerugian akibat peristiwa kebakaran yang terjadi sejak pukul 20.00 WIB itu. 

Pondok Pesantren di Lombok Kebakaran saat Santri Sedang Zikir

"Kami belum bisa pastikan lebih jauh karena kondisi memang masih dalam pendinginan. Nanti setelah dinyatakan aman baru diidentifikasi masuk untuk nanti dicek oleh para ahli. Tentutanya ahli yang akan tahu untuk menilai kerugiannya," imbuhnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, seberang Monas, Sabtu malam, 16 September 2023. kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi.

Ilustrasi pemadam kebakaran.

 Tinggal di Kawasan Padat? Waspada Bahaya Kebakaran, Ikuti Tips Ini

Banyaknya tragedi kebakaran di Indonesia, membuat masyarakat harus peduli bagaimana cara mencegah terjadinya kebarakan di rumah.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2024