Polisi Cek Lokasi Body Checking Finalis Miss Universe, Ternyata Hanya Ditutup Tirai

Penampakan lokasi body checking finalis Miss Universe Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - Polisi telah mengecek lokasi body checking finalis Miss Universe Indonesia di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat. Pengecekan lokasi body checking itu dilakukan pada Rabu, 9 Agustus 2023 kemarin.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 28 Juni 2024

"Hanya pengecekan awal saja, biar penyidik ada gambaran," ujar Plh Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 10 Agustus 2023.

Anggota Miss Universe Indonesia (MIUD) 2023 mendatangi Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/Foe Peace
Top Trending: Bendera Israel Digilas, Prediksi Hari Kiamat, Pria Tewas Usai Nyawer Biduan

Yuliansyah mengatakan pengecekan dilakukan agar penyidik mendapatkan gambaran terkait proses dan lokasi body checking.

"Penyidik hanya mengecek gambaran umum TKP saja. Biar ada gambaran. Selanjutnya kita akan lakukan pendalaman lagi," sambungnya. 

Rumah Wartawan di Karo Terbakar Tewaskan Satu Keluarga, Polisi Bergerak Lakukan Penyelidikan

Dikatakan Yuliansyah, body checking itu dilakukan di sisi pojok ballroom. Adapun tirai portable digunakan untuk menutupi area yang digunakan sebagai lokasi body checking.

"Ya seperti ballroom pada umumnya saja. Lokasi body checking ada dipojokan dan ditutup seperti tirai portable," jelasnya.

Body Checking Miss Universe Bukan di Tempat Private 

Seperti diketahui, proses body checking alias pemeriksaan tubuh terhadap finalis Miss Universe Indonesia 2023 menuai kontroversi. Body checking itu dinilai sebagai bentuk pelecehan seksual lantaran para finalis harus ditelanjangi yang tidak sesuai dengan prosedur.

Body checking itu dinilai tak sesuai prosedur karena dilakukan di sebuah bilik hitam di lokasi yang terbuka. Adapun gambaran lokasi itu ditunjukkan pelapor sekaligus kuasa hukum para korban, Mellisa Anggraeni usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Melalui video singkat, Mellisa membeberkan lokasi body checking finalis Miss Universe Indonesia. Terlihat, tempat body checking dilakukan di sebuah bilik yang disekat sebuah banner. 

"Ini bisa dilihat ya, jadi ini, iya body checking-nya di sini, dan ada CCTV kan di belakangnya jadi enggak sama sekali, ini enggak bisa dibilang ruangan ya," kata Mellisa kepada wartawan.

"Bukan ruangan malah ya, hanya bilik yang ditutup dengan banner dan dengan gantungan baju," sambungnya.

Mahkota Miss Universe Indonesia 2023

Photo :
  • ist

Tak hanya itu, Mellisa pun mengungkap proses body checking dilakukan di Ballroom Sari Pacific Hotel Jakarta yang bukan merupakan tempat tertutup. Sehingga, banyak orang yang bisa lalu-lalang di area tersebut. 

"Ballroom dan ada celah. (Bukan private) tidak, tidak ada private dan orang-orang lalu lalang tuh keliatan dari dalam, dari luar mungkin kelihatan juga di dalam seperti apa," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya