Jokowi Cek Harga Ayam di Pasar Rp50 Ribu, Pemprov DKI Sebut Masih Normal

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, angkat bicara soal temuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pasar Palmerah, Jakarta Pusat soal harga daging ayam di pasar yang terbilang tinggi.

Bantu Startup Buka Lapangan Kerja

"Hasil kunjungan Bapak Presiden kemaren ke Pasar Palmerah ada beberapa informasi yang perlu diluruskan terkait dengan harga ayam," ujar Heru kepada wartawan di Perumda Dharma Jaya, Jakarta Timur, Selasa, 27 Juni 2023.

Pedagang ayam potong melayani pembeli di pusat pasar daging (ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA/Rahmad
Jokowi Bakal Jadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke-78 di Monas

Adapun Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo mengatakan telah mengecek harga daging ayam di Pasar Palmerah setelah dikunjungi oleh Presiden Jokowi. Menurut dia, daging ayam naik dari awalnya Rp 30 ribu, jadi Rp 50 ribu per kilogram.

"Hari ini saya bersama teman-teman Dharma Jaya cek langsung ke Pasar Palmerah. Di Palmerah itu harga ayam Rp 50 ribu itu ayam fillet. Ini diluruskan. Kemudian harga ayam karkasnya itu yang 1,3 sampai 1,4 kilogram itu harganya Rp 43 ribu sampai Rp 44 ribu," ucap Arief.

Hasto Pastikan PDIP Tak Khawatir Cawe-cawe Jokowi di Pilkada 2024

Atas temuan itu, Arief menegaskan harga daging ayam masih dalam batas wajar. Biasanya, lanjut dia, kenaikan harga daging ayam bakal terjadi mendekati Lebaran Idul Adha 2023.

"Kalau dalam H-2 Lebaran biasanya kenaikan sampai dengan 5 sampai 10 persen dan masih bisa ditolerir, tapi kalau sampai ke Rp 50 ribu, angka itu angka yang tidak bisa ditolerir," ucap dia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata dia, akan menyiapkan harga ayam yang terjangkau untuk warga Ibu Kota. Selain itu juga, pihaknya akan mengunjungi pasar-pasar untuk memonitor harga bahan pangan.

"Saya sama Pak Gubernur akan menyiapkan harga ayam yang baik 2 hari, 3 hari sampai seminggu ke depan. Nanti Bu Kadis juga akan kasih ke ke kelurahan- kelurahan. Harganya nanti akan dibawah Rp 36 ribu," kata Arief.

"Besok Dharma Jaya, Badan Pangan Nasional bersma Kepala Dinas KPKP akan operasi pasar di lokasi yang sudah ditetapkan," sambungnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Pasar Palmerah Jakarta Barat Jakarta Pusat dan mengecek langsung harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha, Senin 26 Juni 2023.

Dalam pengecekan harga bahan pokok, Jokowi mengatakan harga ayam naik agak tinggi yang sudah mencapai Rp 50 ribu per ekornya.

"Yang naik agak tinggi memang daging ayam. Biasanya di harga Rp 30-32 ribu, ini sudah mencapai Rp 50 ribu," ujar Jokowi di Pasar Palmerah, Senin, 26 Juni 2023.

Presiden Jokowi Saat Kunjungi Pasar Cepogo, Boyolali

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi mengatakan dirinya akan mencari tahu penyebab kenaikan harga daging ayam yang dirasa terlalu tinggi di pasaran.

"Akan saya cek, mungkin ada problem di supply-nya, pasokannya," ujarnya.

Namun Jokowi menjelaskan juga naik turunnya harga bahan pangan di pasaran adalah hal yang biasa terjadi. Sehingga, masyarakat ditegaskan tidak perlu khawatir.

"Ya biasa harga kalau ayam telur biasa kan naik turun lagi. Akan saya cek di lapangan nanti," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya