Potret Jemaah Muhammadiyah Berbondong Salat Id di Masjid Al-Kohinoor Meski Habis Hujan

Jemaah Muhammadiyah salat Id di Masjid Al-Kohinoor, Pondok Cina, Beji, Depok.
Sumber :
  • Foe Peace Simbolon/VIVA.

VIVA Metro – Hari ini Muhammadiyah melaksanakan Salat Id merayakan 1 Syawal 1444 Hijriah. Salah satu lokasinya adalah di Masjid Al-Kohinoor, Pondok Cina, Beji, Depok, Jawa Barat.

Terlilit Utang Judi Online, Marbot Masjid di Duren Sawit Bawa Kabur Mobil Ambulans

Berdasar pantauan VIVA, nampak akses masuk menuju ke arah masjid diberi rambu supaya tahu sedang ada Salat Id di sana. Pun ada yang berjaga di dekat rambu untuk memberi tahu kalau sedang dilakukan Salat Id di sana.

Seorang pria dari pengeras suara masjid meminta warga yang sudah hadir agar bisa mengisi posisi di depan terlebih dulu."Bapak-bapak, ibu-ibu yang sudah hadir di area masjid kami mohon mengisi sap di depan agar nanti saudara kita yang menyusul bisa kebagian tempat," demikian kata pria dari pengeras suara, Jumat 21 April 2023.

Deretan Masjid yang Dibangun oleh Atta Halilintar, Ada yang Sederhana hingga Mewah

Jemaah yang hendak menunaikan Salat Id mulai berdatangan ke Masjid Al-Kohinoor, sejak pukul 06.00 WIB. Mereka yang hadir mulai dari orang tua, anak muda, hingga anak-anak. Sementara itu, anggota Babinsa juga hadir ke lokasi guna mengamankan jalannya Salat Id di sana.

Jemaah terlihat sangat antusias, meski habis hujan, hal itu tak lantas membuat mereka urung melaksanakan Salat Id. Jemaah yang tidak dapat tempat di dalam masjid terlihat melaksanakan Salat di luar meski aspal masih agak basah.

Pemuda Asal Papua Ingin Jadi Guru Demi Selamatkan Kampungnya yang Sudah Tidak Ada Guru

Sebelumnya diberitakan, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan hari Idulfitri 1444 H jatuh pada Jumat 21 April 2023. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan ucapan selamat merayakan Idulfitri 1444 H kepada seluruh warga bangsa dan seluruh warga Persyarikatan di mana pun berada.

Haedar Nashir mengatakan ada tiga pesan yang diharapkan muncul pada diri kaum muslimin dan bangsa Indonesia pasca Ramadan 1444 H. Pesan pertma adalah seluruh pendisiplinan diri melalui berbagai ibadah di bulan Ramadan diharapkan teraktualisasi dalam kehidupan nyata.

Salat Id di Kantor PP Muhamadiyah.

Photo :
  • Agus Rahmat/VIVA.

Kaum muslimin, kata Haedar diharapkan menjadi insan yang bertakwa secara otentik, terutama saat membawa misi Rahmatan Lil Alamin.

“Insan yang mutaqqin, yang bertakwa, harus menjadi manusia terbaik dalam jiwa, pikiran, dan tindakan. Sebagai insan-insan yang uswah hasanah, menjadi teladan terbaik sekaligus juga menjadi insan yang selalu berbuat ihsan kepada sesama dan lingkungan," ujar Haedar, Kamis 20 April 2023.

"Dan semua itu adalah manifestasi dari taqarub ilallah, mendekatkan diri kepada Allah yang melahirkan jiwa takwa yang otentik,” imbuh Haedar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya