38.700 Orang Keluar Jakarta Pakai Kereta Hari Ini, Sejumlah Kota Jadi Tujuan Favorit

Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang tahun baru 2023.
Sumber :
  • Humas KAI Daop 1 Jakarta

VIVA Metro – PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat pada Jumat, 30 Desember 2022, volume keberangkatan maupun kedatangan kereta api jarak jauh (KAJJ) merupakan angka volume tertinggi pada masa libur menjelang Tahun Baru 2023 untuk area Daop 1 Jakarta.

Kereta Otonom Tanpa Rel Diretur ke China, Kemenhub: Untuk IKN Kita Cari yang Terbaik

Menjelang Tahun Baru 2023 penumpang KAJJ di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali meningkat. Secara total terdapat sekitar 38.700 tiket terjual untuk keberangkatan hari ini. 

Dari total sekitar 38.700 penumpang pada hari ini, 16.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 37 perjalanan kereta api (KA) dan 22.500 lainnya merupakan tiket terjual keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 perjalanan KA.

Jelang Momen Nataru, ASDP Pastikan Fasilitas dan Layanan Beroperasi Prima

Ilustrasi Kereta api melintas

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Jumlah tersebut masih mungkin mengalami peningkatan mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga KA terakhir pada hari ini masih dibuka," ujar Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada wartawan, Jumat, 30 Desember 2022.

Musim Hujan Datang, KAI Siapkan Fasilitas Ini untuk Pengguna LRT Jabodebek

Secara keseluruhan, total tiket Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (nataru) yang disediakan dari KAI Daop 1 Jakarta selama 18 hari masa nataru tanggal 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023 sebanyak 739.299 tiket. Dari jumlah tersebut, sampai dengan hari ini sudah terjual sekitar 407 ribu untuk keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. 

Menurut Eva, jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online. 

Ilustrasi kereta api melintas.

Photo :
  • KAI

"Sementara, jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 22 sampai 31 Desember 2022, pada kurun waktu 10 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 410.924 sekitar 328.731 telah terjual," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti di antaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung."

Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan, Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan area dan kursi tunggu untuk penumpang. Di Stasiun Pasar Senen fasilitas kursi tunggu stasiun kini tersedia sebanyak 3.200 tempat duduk, sementara di Stasiun Gambir tersedia sebanyak 1.500 tempat duduk yang tersebar di berbagai area pelayanan. 

Kemudian, kata dia, untuk mengurai kepadatan penumpang saat pemeriksaan tiket, Daop 1 Jakarta juga menambah jumlah meja layanan untuk pemeriksaan tiket, seperti di Stasiun Gambir yang sebelumnya hanya terdapat empat titik layanan pemeriksaan tiket kini bertambah menjadi sepuluh titik layanan. 

Penambahan petugas juga dilakukan di sejumlah area pelayanan, saat ini terdapat petugas Costumer Service mobile (CSM) yang akan membantu penumpang di berbagai area pelayanan stasiun. 

"Tingginya volume pada masa angkutan Nataru ini juga berdampak pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang telah diamankan oleh petugas. Sebagai bentuk pelayanan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengoptimalkan fungsi layanan lost and found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, selama periode nataru yang telah berjalan selama 9 hari sejak 22 sampai 30 Desember 2022 tercatat 30 puluh barang milik penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem lost and found. Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor. 

"Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121," katanya.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan vaksin terbaru yang berlaku saat ini, khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 sampai 12 tahun. 

Saat ini, anak pada usia tersebut yang belum divaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan, dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster. 

"KAI Daop 1 Jakarta himbau seluruh masyarakat yang akan menggunakan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen agar memperhatikan kembali aturan vaksin terbaru yang telah diberlakukan dan juga memperhatikan barang bawaan agar tidak tertinggal di peron stasiun maupun di atas kereta api," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya