Jembatan Besi di Bekasi Retak Akibat Banjir

Jembatan besi di Bekasi
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA –  Jembatan besi atau biasa disebut Jembatan Patal yang terletak di Jalan Teluk Buyung Bambu Runcing, Bekasi Utara mulai retak. Keretakan pondasi jembatan itu karena digerus air Kali Bekasi. 

Tanggapi Isu Pramono Jadi Jembatan Istana dengan PDIP, Jokowi Jawab Begini

Alhasil, Senin 6 Januari 2020, jembatan itu kini melarang kendaraan truk berat untuk melintas.

"Paling hanya bisa dilintasi kendaraan kecil saja. Kalau untuk kendaraan berat masih belum diperbolehkan. Aturan ini seiring hasil koordinasi dengan pihak konsultan," kata Kepala Seksi Pengembangan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan SDA, Kota Bekasi, Idi Susanto, Senin 6 Januari 2020.

Jokowi Optimis Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Efisiensi Logistik

Seperti yang diketahui, jembatan yang terletak di Jalan Agus Salim, Bekasi Timur itu kini sudah retak lantaran terjadi pergeseran karena arus kuat Kali Bekasi Rabu 1 Januari 2020. Pemerintah daerah sudah melakukan perbaikan kepada bearing ped yang dianggap sebagai dudukan girder. 

Menurut dia, jembatan besi ini sudah hampir 20 tahun tidak diperbaiki. Sehingga, perlu ada penataan ulang untuk kedudukan jembatan. Rencananya, dalam beberapa bulan ke depan akan dilakukan perbaikan.

Alasan Pemerintah Pilih Bangun Terowongan Bawah Laut ke IKN Dibanding Jembatan di Teluk Balikpapan

Menurutnya, alokasi anggaran yang diperlukan melakukan perbaikan mencapai Rp1 miliar. Untuk itu, Pemerintah Kota Bekasi tengah meminta bantuan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kami akan upayakan dana perbaikan itu memakai dana bantuan dari pemerintah pusat. Karena, keuangan pemerintah daerah tidak mampu," ujarnya.

Truk molen tersangkut di kolong jembatan perlintasan rel kereta, Jalan Matraman

Detik-detik Truk Molen Nyangkut di Kolong Jembatan Rel Kereta di Matraman

Insiden truk molen nyangkut di kolong jembatan itu terjadi pada Sabtu dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2024