Gangguan TI di Bandara Soetta akibat Gagal Fungsi Peralihan Sistem
- VIVA/Sherly
VIVA – PT Angkasa Pura II merilis penyebab gangguan sistem teknologi informasi (IT) yang mengakibatkan layanan check-in di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, harus secara manual.
Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis sementara, gangguan sistem itu terjadi akibat kegagalan fungsi pada saat proses peralihan sistem.
"Sejauh ini gangguan itu ada pada proses switch access, hingga counter check-in di island A, B, dan C tidak bisa digunakan secara online, dan harus manual," kata Febri kepada VIVAnews, Jumat, 23 Agustus 2019.
Gangguan selama kurang lebih 60 menit itu menyebabkan antrean panjang ditambah beberapa maskapai yang mengalami keterlambatan penerbangan. Febri mengakui beberapa penerbangan internasional terdampak, tetapi dia belum mengetahui jumlah pastinya. "Namun, saat ini sudah normal," ujarnya.
Gangguan tersebut terjadi di area Terminal 3 mulai pukul 03.30 WIB hingga 04.50 WIB. Angkasa Pura II pun mengucapkan permohonan maafnya atas gangguan layanan yang dialami para calon penumpang.