Anies Sebut Jakarta Paling Siap Jadi Contoh Revitalisasi SMK

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengaku bangga bahwa peranan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semakin diperhatikan saat ini. Sebab, bisa lebih menghasilkan sumber daya manusia yang siap kerja. 

Anies Lagi Bahagia, Sang Istri Ulang Tahun dan Anak Lulus Kuliah di UI

Karena itu, langkah pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadikan SMK 46 Jakarta percontohan pencanangan revitalisasi sekolah kejuruan disambut baik.

"Pak Menteri, izinkan kami menyampaikan, Jakarta siap bila Kemendikbud menjadi lahan sebagai pilot project-nya. Karena hanya Jakarta yang memiliki dunia usaha paling banyak," kata Anies saat menghadiri pencanangan Implementasi revitalisasi sekolah kejuruan di SMK Negeri 26 Jakarta, Jakarta Timur, Sabtu 30 Juni 2018. 

Catat Tahapan PPDB DKI Jakarta Melalui Jalur Prestasi Akademik

Anies menyatakan, ujung dari sekolah kejuruan bukanlah bagaimana para pelajar bisa tersalurkan lewat lapangan kerja yang tersedia. Namun, peningkatan kualitas SDM di Indonesia.

"Tapi yang lebih penting tolong bantu buat kurikulum kami jauh lebih tegak dengan kenyataan di dunia nyata," ujarnya. 

Anies Diminta Evaluasi Car Free Day di Jakarta

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, pencanangan revitalisasi SMK ini sudah diatur dalam Instruksi Presiden. Program ini pun akan dijalankan di daerah-daerah lain, agar peningkatan kualitas SDM bisa merata. 

"Sehingga menyiapkan lulusan SMK yang adaptable terhadap perubahan dunia untuk menjadi lulusan yang dapat bekerja, melanjutkan, dan berwirausaha," kata Muhadjir. 

Anies Baswedan merubah 22 nama jalan di DKI Jakarta

Anies Ubah 22 Nama Jalan di DKI Jadi Nama Tokoh Betawi, Ini Daftarnya

Anies Baswedan resmi merubah 22 nama jalan di DKI Jakarta dengan nama-nama tokoh Betawi. Peresmian nama jalan ini dilakukan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babaka

img_title
VIVA.co.id
22 Juni 2022