Dipicu ‘Gedung Roboh’, Pengunjung Car Free Day Berhamburan

Car free day
Sumber :
  • Twitter @giewahyud

VIVA – Kegiatan hari bebas kendaraan atau car free day di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Minggu pagi, 8 April 2018, digegerkan dengan peristiwa kepanikan massal. Sumber masalahnya cuma dipicu isu gedung Menara BCA akan roboh.

PPKM Level 2, Semarang Buka Opsi Bioskop dan CFD Kembali Dibuka

Pagi itu, seperti biasa setiap Minggu, Jalan MH Thamrin memang ditutup untuk kendaraan bermotor (kecuali Transjakarta). Sebab jalan di jantung kota Jakarta itu dipakai untuk kegiatan car free day; mulai joging, bersepeda, senam, atau sekadar berjalan-jalan santai.

Seribuan orang beraktivitas di jalan itu setiap Minggu pagi sampai pukul sebelas siang. Begitu juga pada Minggu pagi tadi. Namun car free day kali ini berbeda, bahkan heboh, gara-gara semacam kepanikan massal.

Penularan Corona Tinggi, Car Free Day Bekasi Ditiadakan Lagi

Mulanya, seorang warga mengaku melihat gedung Menara BCA di jalan utama Jakarta itu miring dan akan roboh. Segera setelah itu, orang-orang di sana terhasut sehingga mereka berhamburan lari menjauhi gedung pencakar itu.

Berdasarkan rekaman video yang diunggah seorang warga pada akun Twitter-nya, @giewahyudi, sebagian besar orang-orang di sana sebenarnya tak tahu penyebabnya. Mereka cuma kalang kabut begitu melihat beberapa orang berlarian.

Car Free Day di Bekasi Ditiadakan

Mereka yang lari menjauhi gedung itu tak cuma yang berada di jalanan, melainkan juga yang di dalam halte Transjakarta. Semua orang, dewasa dan anak-anak, berlari secepat yang mereka mampu meski tak tahu persis apa yang sedang terjadi.

“Warga yang ikut berlarian karena ada yang bilang Gedung BCA akan roboh. Antara siaga bencana dan penyebaran informasi palsu,” tulis @giewahyudi dalam video yang diunggahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya