Selundupkan Narkotika Jenis Hasis, Dua WNA Dibekuk BNNP Bali

Terlibat peredaran gelap narkotika, dua WNA dibekuk BNNP Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Dua Warga Negara Asing dibekuk Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali lantaran terlibat dalam peredaran gelap narkotika jenis Hasis jaringan internasional. Penangkapan kedua WNA itu dilakukan di tempat yang berbeda.

Mengintip Resort Mewah di Bali, Ramah Lingkungan Diapit Gunung Agung dan Lempuyang

Kabid Pemberantasan BNNP Bali Kombes Pol I Made Sinar Subawa mengatakan, penangkapan pertama dilakukan di di Bandara Gusti Ngurah Rai pada Senin, 22 Juli 2024 Satu orang asing berinisial VS asal Riga, Latvia, diketahui membawa hasis di dalam tas saat melalui pintu masuk bandara.

"Narkoba yang dibawa jenis hasis sebanyak 440,41 gram dan ganja sebanyak 977,83 gram netto," kata Sinar Subawa, Rabu, 21 Agustus 2024.

Viral Video Wanita Bagikan Kondisi Ratusan Monyet Kelaparan Bikin Miris: Sisakan Pohon untuk Mereka

Pelaku orang asing kedua ditangkap BNN Bali di sebuah vila di daerah Desa Kemenuh, Gianyar pada Rabu, 31 Juli 2024. Dalam penggerebekan itu, petugas menangkap satu WNA berinisial SU asal Skarholmen, Swedia.

Sinar Subawa mengatakan, modus operandi yang digunakan SU adalah menerima kiriman melalui paket International postal parcel Thailand.

Jurus BI Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pariwisata Berkualitas

"Dalam pemeriksaan paket tersebut berisi 4 padatan yang merupakan narkotika jenis hasis dengan total berat 201,28 gram netto," ujarnya.

Dia mengatakan, di Bali, hasis menjadi narkotika yang populer dan kerap disalahgunakan WNA. Narkoba itu, kata Sinar Subawa, umumnya dari Timur Tengah, Pakistan, Afrika Utara dan Afganistan.

"Hasis memiliki kandungan THC yang sangat tinggi yang memiliki efek halusinogen dan termasuk ke dalam narkotika golongan I," kata Sinar Subawa.

Kedua WNA itu dijerat pasal 113 ayat (2) atau pasal 111 Ayat (2) UU. RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

BestHub

Gak Perlu Booking Hotel Semalaman, Ini Tips Pilih Tempat Transit Sejenak di Bali

Berikut ini adalah tips mencari tempat transit yang aman dan nyaman di Bali, tanpa harus booking hotel untuk semalaman.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024