Rebut Sektor UMKM Warga Lokal, Puluhan Bule di Bali Diamankan Imigrasi

10 WNA diamankan oleh Imigrasi Ngurah Rai Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali,VIVA – Puluhan Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara terjaring dalam operasi penertiban yang dilaksanakan oleh Imigrasi Ngurah Rai Bali di Canggu, Kuta Utara, pada Rabu, 14 Agustus 2024.

VIP Voucher Ramaikan Festival Bazar UMKM di Balai Budaya Pandeglang

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Suhendra menyampaikan, berdasarkan informasi intelijen keimigrasian, didapat banyak orang asing yang beraktivitas dalam sektor UMKM yang dinilai dapat mengambil lapangan kerja masyarakat setempat.

10 WNA yang diamankan diduga melakukan aktivitas di sektor UMKM seperti rental kendaraan, salon (penata rambut dan kuku), klinik kecantikan (facial treatment), seniman tato, pedagang aksesoris, instruktur yoga, instruktur renang, instruktur diving, fotografer.

Omzet Meroket Tajam, UMKM ini Beberkan Kunci Cuan di Tengah Persaingan Platform Digital

10 WNA yang diamankan oleh Imigrasi Ngurah Rai

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

"Dari hasil pemeriksaan 4 orang tidak terbukti melakukan pelanggaran," jelas Suhendra saat menggelar konferensi pers di Kantor Imigrasi Ngurah Rai pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Berkat Fitur Live Streaming Shopee 9.9 Super Shopping Day, Penjualan Brand Lokal Melonjak 5x Lipat

Sementara 6 orang lainnya dengan inisial KDK (Lk, 40), CLJ (Pr, 37), LT (Pr, 36), NV (Pr, 34), KD (Pr, 31) dan DO (Pr,25) didapati melakukan pelanggaran keimigrasian yakni melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan perizinan yang dimiliki.

Kakanwil Kemenkumham Bali Pramella Yunidar Pasaribu mengatakan, dalam operasi yang melibatkan 85 petugas yang terbagi menjadi 6 tim untuk melakukan penertiban terhadap orang asing.

Bule-bule yang terjaring operasi dalam menjalankan aktivitas usaha jasa di Bali, tidak mengantongi perizinan yang berlaku.

"Tujuan mereka datang ke Indonesia, awalnya untuk melakukan investasi, namun saat dipantau ternyata mereka melakukan kegiatan lain yang tidak sesuai izin yang dimiliki," kata Pramella.

Rata-rata mereka masuk Indonesia dalam rentang tahun 2023-2024 dalam kelompok kecil.

Saat ini Imigrasi sedang melakukan pemeriksaan intensif oleh bidang Inteldakim terhadap WNA tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya