Polisi Olah TKP Home Industry Tembakau Sintetis di Sentul: Ini Laboratorium Pertama di Indonesia

Ilustrasi dua tersangka pelaku kejahatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta - Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) home industry tembakau sintetis yang ada di sebuah rumah di Perumahan Montain View Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 30 April 2024.

Remaja di Puncak Bogor Dipukuli Hingga Meninggal Dunia

Dalam olah TKP tersebut, polisi melakukan pengecekan terhadap bahan-bahan hingga alat yang digunakan tersangka untuk memproduksi tembakau sintetis.

"Kita pada hari ini melakukan pengecekan bahan-bahan dan peralatan-peralatan yang digunakan para tersangka," kata Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Malvino Edward kepada wartawan di lokasi.

Polisi Kantongi Identitas Begal Motor yang Tembak Korbannya di Tangerang

Ilustrasi borgol untuk pelaku kejahatan.

Photo :
  • ientrymail.com

Malvino kemudian mengungkap jika rumah tersebut merupakan laboratorium pertama di Indonesia yang memproduksi tembakau sintetis.

Polres Simalungun Tangkap Wanita Paruh Baya Jadi Bandar Narkoba, Suaminya Diburu

"Laboratorium ini atau rumah ini adalah yang menjadi pertama kali di Indonesia. Di mana memproduksi mulai dari bahan baku sampai menjadi bibit atau sampaikan menjadi bahan jadi untuk tembakau sintetis MDMP 4 jenis pinaca," tutur dia.

Adapun dalam kasus ini, polisi telah membekuk lima orang tersangka termasuk F yang berperan sebagai pengendali. Diketahui, home industry tembakau sintetis ini telah berjalan selama kurang lebih enam bulan.

Polisi sebelumnya menggerebek rumah dua lantai di perumahan Mountain View Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terkait kasus narkoba pada Minggu, 28 April 2024. Rumah itu digunakan oleh sindikat narkoba untuk meracik tembakau sintetis.

"Di TKP perumahan ini nomor 185 di perumahan Mountain View Babakan Madang, Kecamatan Sentul,” kata Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Hengki dalam keterangannya, Senin kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya