Belgia Siaga Tinggi, Kemlu Keluarkan Imbauan Perjalanan WNI

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Sumber :
  • Viva.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan imbauan perjalanan (travel advice) kepada warga negara Indonesia yang ada Eropa. Imbauan dikeluarkan setelah peristiwa ledakan bom yang terjadi pada Selasa, 22 Maret 2016, di Brussels.

Australia Waswas Tes Virus Corona di Indonesia Masih Terbatas

Pasca ledakan di bandara Zaventem dan stasiun metro Maelbeek di Brussels, pemerintah Belgia meningkatkan pengamanan hingga level tertinggi. Warga yang ada di Belgia diminta selalu waspada serta menghindari tempat-tempat yang bisa menjadi sasaran aksi teror. Warga juga diminta mengikuti petunjuk dan arahan otoritas setempat serta memperhatikan lokasi mana saja yang biasa dikunjungi oleh masyarakat.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Brussels pasca ledakan terus bergerak dan berkoordinasi dengan otoritas keamanan setempat dan rumah sakit, serta melakukan pantauan kepada warga negara Indonesia yang ada di sana.

Keluarkan Travel Advice, Australia Keluhkan RUU KUHP Soal Kumpul Kebo

"Kami sudah mengeluarkan 'imbauan perjalanan' dan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk memantau. KBRI juga mendatangi dan melakukan penyisiran ke sejumlah rumah sakit yang ada disana. Sejauh ini teridentifikasi sebanyak 3 korban WNI, dan saat ini kondisinya kritis dan dirawat di ruang ICU," kata Menlu Retno, di Kementerian Luar Negeri, Kamis, 24 Maret 2016.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Natsir juga mengatakan, warga negara Indonesia yang akan berpergian ke Brussels untuk memperhatikan tempat yang akan dituju dan status keamanan di Brussels, karena masih ada beberapa tempat di Brussels yang masih ditutup oleh Pemerintah Belgia.

Aksi 22 Mei Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Bali

Laporan : Dinia Adrianjara

Penumpang dengan penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Australia Keluarkan Travel Advice ke RI Gara-gara KUHP Baru

Otoritas Australia mengeluarkan travel advice bagi warganya yang ingin ke Indonesia, menyusul pengesahan KUHP baru. Utamanya terkait ancaman pidana seks di luar nikah

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2022