Gempa di California, Puluhan Orang Luka

Polisi melintasi gedung yang hancur di Napa, California akibat gempa
Sumber :
  • THE NEW YORK TIMES/Jim Wilson
VIVAnews
Mirip Menopause, Apakah Pria Andropause Masih Bisa Punya Anak? 
- Saat warga masih terlelap, California diguncang gempa berkekuatan 6 Skala Richter (SR). Gempa terjadi pada Minggu, 24 Agustus pukul 03.20 pagi waktu setempat. Puluhan orang luka akibat kejadian itu.

KPU Jakarta Umumkan Penetapan Pasangan Cagub-Cawagub Pilkada 2024

Kantor berita
Terpopuler: Aksi Gemilang Hokky Caraka, Daftar Hitam PON 2024
Reuters melaporkan, dua orang di antaranya luka serius. Selain itu, bangunan bersejarah seperti gedung pengadilan dan perpustakaan juga rusak berat. Empat mobil hancur, dan dua rumah terbakar. Gempa juga mengakibatkan kebocoran gas serta air.

Kerusakan sebagian besar ada di Napa, daerah penghasil anggur di California. Hingga saat ini, seperti dikutip dari
Reuters
, pemadam kebakaran masih berupaya mengatasi api yang melalap rumah.


Sebuah jalan sempat ditutup karena kerusakan bangunan yang memorak-porandakan. “Rumah berantakan. Semua berhamburan, bahkan lemari pun terbalik,” kata Keith, seorang warga Napa.


Gempa kali itu disebut-sebut sebagai yang terbesar setelah gempa Loma Prieto tahun 1989. Usai gempa pertama, menurut Randy Baldwin, ahli geofisika US Geological Survey, kejadian itu akan disusul beberapa gempa kecil.


“Ini adalah gempa terkuat dalam beberapa dekade. Akan ada banyak gempa susulan,” katanya. Ia menjelaskan, sebagian besar gempa susulan berkekuatan sekitar 2 SR. Gempa susulan itu bisa berlanjut selama beberapa minggu ke depan. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya