Hubungan Mencair, AS Jual Rudal TOW ke Arab Saudi Senilai Rp 6,8 Triliun

VIVA Militer: Rudal balistik militer Amerika Serikat
Sumber :
  • popularmechanics.com

Washington, VIVA – Amerika Serikat (AS) telah menyetujui kemungkinan penjualan rudal TOW 2A dan TOW 2B ke Arab Saudi dalam kesepakatan senilai US$ 440 juta (Rp 6,8 triliun). Hal itu diumumkan oleh Pentagon pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Arab Saudi Resmi Pecat Roberto Mancini Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Penggantinya Adalah..

"Penjualan tersebut akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri AS dan tujuan keamanan nasional dengan membantu kekuatan untuk stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Teluk," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Alarabiya, Jumat, 25 Oktober 2024.

VIVA Militer: Rudal MIM-104 Patriot buatan Amerika Serikat

Photo :
  • nbcnews.com
Capres AS Kamala Harris: Vladimir Putin Akan Duduk di Kiev jika Trump Jadi Presiden

Diketahui, Riyadh telah meminta untuk membeli 507 rudal yang diluncurkan dari tabung, dilacak secara optik, dipandu secara nirkabel (TOW) 2A dan 507 rudal TOW 2B, RF (BGM-71F-3-RF), menurut Pentagon.

Dia menambahkan bahwa kontraktor utamanya adalah RTX Corporation.

Pentagon Bahas Kebocoran Dokumen Rahasia Rencana Israel Serang Iran

"Penjualan yang diusulkan akan meningkatkan kemampuan Kerajaan Arab Saudi untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan dengan meningkatkan kekuatan pertahanan dalam negerinya. Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengalami kesulitan untuk menyerap peralatan dan layanan ini ke dalam angkatan bersenjatanya," ucap Pentagon.

Pengumuman hari Kamis itu muncul setelah persetujuan awal bulan ini bagi Arab Saudi untuk membeli 220 Rudal Taktis Sidewinder AIM-9X Block II, 2.503 rudal AGM-114R3 Hellfire II, dan ribuan amunisi lainnya.

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist

Dalam panggilan telepon pada 7 Oktober, kepala Pentagon Lloyd Austin menegaskan kepada Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman komitmen Washington terhadap pertahanan Kerajaan dan berterima kasih kepadanya atas upaya Riyadh untuk menciptakan ketenangan di Timur Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya