Erdogan Adakan Rapat Darurat Setelah Serangan Teror di Ankara

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • Milliyet

Ankara, VIVA – Presiden TurkiRecep Tayyip Erdogan, pada Kamis 24 Oktober 2024, mengadakan pertemuan keamanan di Istanbul, sehari setelah serangan teror di Ibu Kota Ankara. Dimana serangan itu menewaskan lima orang dan melukai 22 lainnya. Hal itu disampaikan oleh sumber keamanan Turki.

Serangan Teroris Guncang Ankara Turki, 5 Orang Tewas 22 Luka-luka

Melansir dari Anews, Jumat, 25 Oktober 2024, Erdogan kembali dari kota Kazan di Rusia, tempat ia menghadiri KTT BRICS ke-16.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Hakan Fidan, Menteri Pertahanan Nasional Yasar Guler, Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya, Kepala Staf Umum Jenderal Metin Gurak dan Kepala Organisasi Intelijen Nasional (MIT) Ibrahim Kalin.

Dulu Sekutu Lalu Musuh Bebuyutan, Ini Awal Keretakan Hubungan Erdogan dan Fethullah Gulen

Direktur Komunikasi Kepresidenan, Fahrettin Altun, Presiden Industri Pertahanan Kepresidenan (SSB) Haluk Gorgun, Penasihat Presiden bidang Kebijakan dan Keamanan Luar Negeri Akif Çagatay Kilic dan juru bicara Partai AK Omer Celik juga hadir pada pertemuan di wisma negara Bandara Ataturk.

Pertemuan tersebut berfokus pada serangan teror terhadap Industri Dirgantara Turki (TAI) pada hari Rabu, 23 Oktober 2024, di distrik Kahramankazan di Ankara dan langkah-langkah yang diperlukan dalam perang melawan terorisme yang sedang berlangsung.

Rival Sampai Mati, Begini Reaksi Erdogan saat Fethullah Gulen Meninggal Dunia

Para pejabat juga menegaskan kembali komitmen Turkiye, untuk memerangi terorisme dan menekankan bahwa negaranya tidak akan membiarkan pembentukan “negara teror” melintasi perbatasannya.

Menurut Menteri Dalam Negeri Yerlikaya, teroris yang bertanggung jawab atas penyerangan tersebut adalah anggota kelompok teror PKK.

Dalam kampanye terornya selama lebih dari 40 tahun melawan Turki, PKK terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan UE, dan bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang.

Ilustrasi Serangan Militer

Balas Dendam Atas Serangan Teroris, Turki Serang Irak dan Suriah

Badan Intelijen Nasional Turki atau MIT, menyampaikan pengumuman, kalau mereka sudah memusnahkan target yang merupakan milik kelompok teroris PKK/YPG, di Suriah dan Irak.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2024