Hizbullah Konfirmasi Kematian Hashem Safieddine Sang Penerus Hassan Nasrallah

Calon Pemimpin Hizbullah Hashem Safieddine (Doc: ANews)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Beirut, VIVA – Hashem Safieddine, pejabat tinggi Hizbullah yang diperkirakan akan menjadi penerus kelompok itu untuk menggantikan sekretaris jenderal Hassan Nasrallah, tewas dalam serangan Israel. Hal itu disampaikan oleh kelompok itu pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Waspada Penuh, Hamas Takkan Bongkar Identitas Pemimpin Barunya

Melansir dari Alarabiya, Kamis, 24 Oktober 2024, Hizbullah membenarkan bahwa Safieddine tewas dalam serangan udara Israel.

Safieddine telah memimpin Hizbullah bersama wakil sekretaris jenderalnya Naim Qassem sejak pembunuhan Nasrallah, dan diperkirakan akan terpilih secara resmi sebagai sekretaris jenderal berikutnya, meskipun belum ada pengumuman resmi yang dibuat.

Pertumbuhan Ekonomi Israel Anjlok gara-gara Perang dan Melambat hingga 2029, Menurut IMF

Seorang kerabat Nasrallah, Safieddine pernah duduk di Dewan Jihad kelompok tersebut, badan yang bertanggung jawab atas operasi militernya. Dia juga menjabat sebagai kepala dewan eksekutif yang mengawasi urusan keuangan dan administrasi Hizbullah.

Israel Serang Institusi Keuangan di Lebanon, PBB Tegaskan Pelanggaran Hukum Humaniter

Pimpinan Hizbullah Hassan Nasrallah Tewas dalam Serangan Israel

Photo :
  • AP Photo

Safieddine mengambil peran penting dalam mewakili Hizbullah selama tahun permusuhan dengan Israel yang akhirnya menyebabkan kematiannya. Dia menyampaikan pidato pada pemakaman dan acara lain yang sudah lama tidak dapat dihadiri Nasrallah karena alasan keamanan.

Pembunuhannya makin mengikis kepemimpinan puncak kelompok tersebut ketika serangan Israel menghantam wilayah selatan Lebanon, Lembah Bekaa timur dan pinggiran selatan Beirut, yang semuanya merupakan benteng Hizbullah.

VIVA Militer: Benjamin Netanyahu bersama tentara Israel

Menhan Israel Desak Netanyahu Setujui Proposal Mesir Gencatan Senjata dengan Hamas

Menteri Pertahanan Israel mendesak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk menyetujui proposal yang diajukan Mesir untuk pertukaran sandera dan gencatan senjata di Gaza.

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2024