Perubahan Hubungan Korea Utara dengan Tiongkok setelah 75 Tahun Diplomasi

VIVA Militer: Presiden Korea Utara, Kim Jong-un dan Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • Business Insider

Pyongyang, VIVA – Meskipun telah menjalin hubungan diplomatik selama 75 tahun, kepercayaan Pyongyang terhadap Beijing tampaknya mulai memudar. Korea Utara, yang dulunya sangat dekat dan bergantung pada China, kini merasa semakin sulit untuk menjaga hubungan baik.

Gibran Jamu Makan Siang Wapres Tiongkok Han Zheng, Ini yang Dibahas

“Hubungan bilateral mereka selama beberapa dekade terakhir ditandai dengan pasang surut. Sering kali, hubungan mereka tidak baik,” kata Choo Jae-woo, seorang profesor Studi Tiongkok di Universitas Kyung Hee. “Namun, yang menarik, hubungan mereka yang tegang berhasil dipulihkan setiap saat. Mengingat dinamika ini, akan menjadi kesalahan untuk menafsirkan peristiwa terkini sebagai prediktor masa depan hubungan mereka.”

Menurut Koreatimes.co.kr, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tidak mempercayai China seperti yang dilakukan mendiang ayahnya, Kim Jong-il. Dalam daftar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk penerus dan putra bungsunya, Kim Jong-un, yang ditulis pada tahun 2011, Kim Jong-il dengan jelas menyarankan agar tidak mempercayai China.

Menlu Sugiono Sampaikan Hubungan RI dengan China-AS di Masa Depan

Ia memperingatkan bahwa China tidak dapat diandalkan, dan menyalahkannya karena menyebabkan beberapa masa tersulit Korea Utara. Informasi ini dibagikan oleh pembelot Korea Utara Lee Yoon-geol, yang mengaku telah memperoleh rincian tersebut dari berbagai sumber di Korea Utara yang memiliki akses ke surat wasiat Kim Jong-il.

Almarhum Kim Jong-il bukanlah satu-satunya pemimpin Korea Utara yang menyimpan kecurigaan mendalam terhadap China. Ayahnya, Kim Il-sung, pendiri Korea Utara, juga bersikap kritis terhadap China. Ketidakpercayaan ini telah diwariskan kepada pemimpin saat ini, Kim Jong-un. Sejarah ini menegaskan bagaimana para pemimpin Korea Utara telah lama memandang China dengan kecurigaan.

Calvin Verdonk Curhat ke Media Eropa, Si Kalem Timnas Indonesia Itu Bongkar Aib Bahrain dan China

Seorang mantan pejabat Korea Utara, berbicara di Asia Society pada bulan Oktober 2017, menyebutkan bahwa Kim Jong-un mengkritik keras pemimpin Cina Xi Jinping setelah kunjungan Xi ke Korea Selatan pada tahun 2014 untuk menghadiri pertemuan puncak dengan Presiden Park Geun-hye saat itu.

Kim Jong-un.

Photo :
  • kcnawatch.org

Korea Utara menyimpan dendam tertentu terhadap Cina. Misalnya, negara itu menyatakan ketidakpuasannya terhadap rencana Cina untuk membangun 191 fasilitas telekomunikasi yang mampu menyiarkan sinyal FM, termasuk 17 stasiun di dekat perbatasan Korea Utara. Dalam surel kepada Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU), Korea Utara mengeluh bahwa Cina tidak berkonsultasi dengannya sebelumnya.

Akan tetapi, ITU menolak keluhan tersebut, dengan menyatakan bahwa mendaftarkan stasiun FM ke ITU atau mengoperasikannya tidak memerlukan persetujuan terlebih dahulu antarnegara. Korea Utara khususnya khawatir bahwa stasiun-stasiun tersebut dapat menyebabkan masuknya informasi dari luar ke negara itu.

Meskipun hubungan bilateral mereka telah memasuki tahun ke-75, para ahli mencatat bahwa Pyongyang masih menyimpan keraguan terhadap Beijing. Uji coba nuklir dan peluncuran rudal Korea Utara membayangi hubungannya dengan Tiongkok, yang telah menganjurkan dimulainya kembali Perundingan Enam Pihak, yang bertujuan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea. Dorongan diplomatik Pyongyang dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan pada tahun 2018 dan 2019 untuk sementara memperbaiki hubungan antara Kim dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Namun, Korea Utara menjadi sangat kesal dengan Tiongkok atas berbagai masalah yang terkait dengan denuklirisasi. Kecamannya terhadap pernyataan bersama oleh Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok selama pertemuan puncak trilateral pertama mereka sejak 2019 dipandang sebagai teguran yang jarang terjadi terhadap Tiongkok.

Pernyataan tersebut menyebutkan denuklirisasi Semenanjung Korea, yang jelas-jelas membuat Pyongyang tidak senang. Faktanya, Korea Utara sengaja mempermalukan Tiongkok sesaat sebelum Forum Sabuk dan Jalan perdana di Beijing pada Mei 2017 dengan melakukan peluncuran rudal di dekat perbatasan Tiongkok. Sejak saat itu, dinamika regional telah berubah secara signifikan.

Setelah mencapai titik terendah dalam beberapa dekade pada tahun 2017, hubungan Tiongkok-Korea Utara mulai membaik setelah pertemuan pertama antara Xi Jinping dan Kim Jong-un pada bulan Maret 2018. Meskipun telah melakukan lima pertemuan berikutnya, hubungan mereka belum sepenuhnya pulih. Hubungan mereka masih jauh dari hubungan yang dulunya dekat, yang digambarkan oleh Mao Zedong sebagai "sedekat bibir dan gigi."

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping

Photo :
  • japantimes.co.jp

Selama pandemi, Korea Utara menutup semua perbatasannya dan menghentikan hampir semua perdagangan, bahkan dengan mitra dagang terbesarnya, Tiongkok. Korea Utara juga meningkatkan retorika agresif dan aktivitas uji coba rudalnya, yang menimbulkan kekhawatiran internasional.

Pada bulan April 2024, Tiongkok mengirim pejabat tertinggi ketiganya, Zhao Leji, bersama dengan sebuah delegasi, untuk mengunjungi Korea Utara. Kunjungan ini dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas meningkatnya agresi Korea Utara. Mengingat perkembangan ini, sulit untuk membayangkan Korea Utara mengubah persepsinya terhadap Tiongkok, bahkan saat mereka menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya