Gencatan Senjata Israel-Hizbullah Nyaris Tercapai Jika Hassan Nasrallah Tak Dibunuh

VIVA Militer: Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah
Sumber :
  • tribune.com.pk

Beirut, VIVA – Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah ternyata telah menyetujui gencatan senjata dengan Israel sesaat sebelum ia dibunuh dalam serangan udara Israel di Beirut. Hal itu disampaikan oleh menteri luar negeri Lebanon, pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Israel Serang Lebanon, Mabes TNI Pastikan Semua Prajurit Satgas UNIFIL Dalam Kondisi Aman

"Ia setuju. Ya, pihak Lebanon setuju (untuk gencatan senjata)," kata Abdallah Bouhabib, dikutip dari ANews, Kamis, 3 Oktober 2024.

"Kami berkonsultasi dengan Hizbullah, (Ketua Parlemen Lebanon Nabih) Berri berkonsultasi dengan Hizbullah, dan kami memberi tahu perwakilan AS dan Prancis (tentang keputusan tersebut)," tambahnya.

Menlu Lebanon: Sebelum Meninggal, Nasrallah Setuju Gencatan Senjata dengan Israel

VIVA Militer: Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah

Photo :
  • timesofisrael.com

Dia pun menambahkan bahwa AS dan Prancis memberi tahu mereka jika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga menyetujui pernyataan yang dikeluarkan oleh Presiden AS Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sekjen PBB Resmi Dilarang Masuk ke Wilayah Israel

Sebuah pernyataan bersama yang dirilis pada 24 September oleh 12 negara dan organisasi, termasuk AS dan Prancis, menyerukan gencatan senjata sementara antara Israel dan Hizbullah untuk memfasilitasi upaya diplomatik.

Sebagai informasi, Nasrallah dibunuh oleh serangan udara Israel yang menargetkan pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Beirut, pada 27 September 2024.

Masyarakat internasional juga telah memperingatkan bahwa serangan Israel di Lebanon dapat meningkatkan konflik Gaza menjadi perang regional yang lebih luas.

VIVA Militer: Prosesi pemakaman tentara Israel

8 Tentara Israel Termasuk 3 Perwira Senior Tewas dalam Pertempuran Darat dengan Hizbullah

Sebanyak 8 tentara Israel tewas, termasuk 3 perwira senior, sementara 7 lainnya terluka parah selama pertempuran darat dengan Hizbullah di Lebanon selatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2024