Serangan Terbaru Israel di Lebanon, 63 Tewas dan Puluhan Orang Terluka

Bangunan hancur di selatan Ibu Kota Lebanon, Beirut, akibat serangan Israel
Sumber :
  • The New Arab/Getty

Beirut, VIVA – Sedikitnya 63 orang tewas dan 92 lainnya luka-luka dalam gelombang serangan udara baru Israel yang menargetkan banyak wilayah di Lebanon selatan dan timur pada Senin, kata Kementerian Kesehatan.

Hizbullah Siap Pilih Pemimpin Baru Gantikan Hassan Nasrallah yang Tewas oleh Israel

Pernyataan kementerian menyebutkan bahwa sedikitnya 45 orang kehilangan nyawa mereka dan 70 lainnya luka-luka dalam serangan udara mematikan Israel di Kota Ain Ed Delb, timur Sidon di Lebanon selatan pada Minggu.

Korban ledakan pager di Lebanon

Photo :
  • Associated Press
Terlibat Kasus Pager yang Meledak di Lebanon, Pria asal India-Norwegia Jadi Buronan

Pihak berwenang sebelumnya menyebutkan jumlah korban tewas dalam serangan yang sama mencapai 24 orang.

Kementerian itu menyatakan bahwa 12 orang lainnya tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam serangan Israel di wilayah selatan Hermel.

Pentolan Hamas Fateh Sherif Abu el-Amin Tewas di Lebanon

Enam petugas medis juga tewas dan empat lainnya luka-luka ketika jet tempur Israel menyerang pusat pertahanan sipil di Kota Sohmor di Lembah Bekaa bagian barat.

Sejak 23 September, Israel telah meluncurkan serangan udara besar-besaran terhadap apa yang mereka sebut sebagai sasaran Hizbullah di seluruh Lebanon, menewaskan lebih dari 900 orang dan melukai 2.700 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Beberapa komandan Hizbullah gugur dalam serangan Israel, termasuk pemimpin Hassan Nasrallah.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan pada Kamis pagi bahwa Tel Aviv hanya akan menerima gencatan senjata di Lebanon ketika Hizbullah didorong mundur dari perbatasan di sebelah utara Sungai Litani dan dilucuti senjatanya.

Pada Senin, Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengatakan bahwa Lebanon siap untuk mengimplementasikan resolusi Dewan Keamanan PBB 1701, yang melibatkan pengerahan tentara Lebanon di selatan Sungai Litani.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati (kanan)

Photo :
  • AP Photo/Bilal Hussein

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas batas sejak dimulainya perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan hampir 41.600 orang, yang sebagian besar perempuan dan anak-anak, menyusul serangan lintas batas kelompok Hamas Palestina pada 7 Oktober tahun lalu.

Masyarakat internasional telah memperingatkan bahwa serangan Israel di Lebanon dapat meningkatkan eskalasi konflik Gaza ke perang regional yang lebih luas. (ANTARA)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya