Pemimpin Hizbullah Tewas, Ali Khamenei Minta Umat Muslim Dukung Lebanon

Ali Khamenei Terlihat 'Was-was' Saat Jadi Imam Salat Jenazah Haniyeh (Doc: Iran International)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Teheran, VIVA – Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei menyerukan umat Muslim pada Sabtu, 28 September 2024, untuk mendukung rakyat Lebanon dan Hizbullah dalam menghadapi rezim Israel.

Petinggi Iran Adakan Rapat Darurat Setelah Pemimpin Hizbullah Tewas

"Nasib wilayah ini akan ditentukan oleh kekuatan perlawanan, dengan Hizbullah di garis depan," kata Khamenei, dikutip dari Middle East Monitor, Minggu, 29 September 2024.

VIVA Militer: Ayatollah Ali Khamenei.

Photo :
Israel Ungkap Detik-detik Kematian Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah

Setelah Hizbullah mengonfirmasi kematian Nasrallah, media Iran melaporkan bahwa Jenderal Abbas Nilforoushan, wakil komandan Garda Revolusi Iran (IRGC), tewas di samping Nasrallah dalam serangan Israel di Beirut selatan, pada Jumat malam, 27 September 2024.

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanaani bersumpah akan melanjutkan perjuangan Nasrallah.

Hizbullah Konfirmasi Kematian Pemimpin Hassan Nasrallah

"Jalan (yang diperjuangkan) Nasrallah akan dilanjutkan dan tujuan sucinya akan terwujud dalam pembebasan Yerusalem," tulis Kanaani dalam postingan di X. Sementara itu, dua pejabat regional yang diberi pengarahan oleh Teheran mengatakan bahwa Khamenei telah dipindahkan ke lokasi yang aman di dalam negeri dengan langkah-langkah keamanan yang lebih ketat.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah tewas dalam serangan Israel

Photo :
  • Al Jazeera

Sumber tersebut mengatakan Iran terus-menerus berhubungan dengan Hizbullah Lebanon dan kelompok proksi regional lainnya untuk menentukan langkah selanjutnya setelah pembunuhan Nasrallah.

Israel gempur markas Hizbullah di Beirut, Lebanon

Jenderal Iran Ikut Tewas Bersama Pemimpin Hizbullah dalam Serangan Udara Israel di Beirut

Seorang jenderal terkemuka di Korps Garda Revolusi Iran tewas dalam serangan udara Israel yang menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah di Beirut,

img_title
VIVA.co.id
29 September 2024