Ledakan Bom Terjadi di Pengadilan California, 2 Orang Jadi Korban

Ilustrasi bom.
Sumber :
  • Pixabay.

California, VIVA – Seorang pria yang mengenakan rompi pelindung tubuh meledakkan sebuah bom di dalam gedung pengadilan di Santa Maria, California, pada hari Rabu, 26 September 2024. Setidaknya ada 2 orang yang menjadi korban luka dalam peristiwa peledakan bom ini.

Sengketa Hotel Sultan Belum Inkracht, PPKGBK Wajib Hentikan Aktivitas

Dilansir dari The New York Times, Pria tersebut, diidentifikasi oleh pihak berwenang sebagai Nathaniel McGuire, 20 tahun, dari Santa Maria. Pelaku memasuki gedung pengadilan pada hari Rabu pagi untuk menghadiri dakwaan atas penangkapan pada bulan Juli atas pelanggaran senjata api, kata Wakil Sheriff Santa Barbara County Craig Bonner.

Ilustrasi ledakan.

Photo :
  • ANTARA FOTO
Ledakan Bom Tanam di Pakistan, Dubes RI Selamat

McGuire melemparkan tas ke tempat pemeriksaan, menyebabkan ledakan di lorong yang melukai beberapa orang. Ia kemudian berlari ke tempat parkir tempat petugas penegak hukum menahannya. "McGuire mengenakan pelindung tubuh di balik jaketnya dan tidak terluka," kata pihak berwenang.

F.BI. dan pihak berwenang setempat mengatakan itu adalah kejadian yang terisolasi dan tidak terkait dengan terorisme. McGuire ditahan tanpa jaminan atas tuduhan termasuk percobaan pembunuhan, menggunakan alat peledak dalam upaya membunuh seseorang, dan kepemilikan alat peledak.

Investor Batu Bara Menang Gugatan, Yusuf Mansur Terancam Kewajiban Bayar Miliaran?

Kantor sheriff juga bekerja sama dengan Departemen Pemadam Kebakaran Santa Barbara County untuk menyelidiki apakah McGuire terkait dengan beberapa pembakaran baru-baru ini, kata Tn. Bonner.

Menurut Bonner, kantor sheriff menerima laporan ledakan pada pukul 8:48 pagi waktu setempat di Kompleks Pengadilan Santa Maria dekat ruang sidang tempat dakwaan berlangsung dan tempat McGuire dijadwalkan hadir pada hari Rabu.

Kompleks pengadilan dievakuasi, begitu pula rumah-rumah, bisnis, dan sekolah di dekatnya, kata pihak berwenang. Kota Santa Maria mengatakan bahwa Balai Kota, departemen keuangan, Kantor jaksa kota, perpustakaan umum, dan departemen rekreasi dan taman akan dibuka kembali pada hari Kamis.

Enam orang telah mendapatkan perawatan dan dipulangkan dari Marian Regional Medical Center di Santa Maria pada hari Rabu, kata Joe Bailey, juru bicara Dignity Health, yang mengoperasikan rumah sakit tersebut. Mereka diyakini sebagai orang yang menyaksikan jalannya sidang dan bukan karyawan pengadilan, kata Darrel Parker, pejabat eksekutif pengadilan.

 Adrian Paris, seorang pengacara di sebuah firma yang berkantor pusat di San Diego, sedang berada di galeri ruang sidang di kompleks tersebut ketika ia mendengar suara ledakan keras.

"Itu semacam ledakan," kata Paris, 36 tahun, dalam sebuah wawancara telepon pada Rabu malam. "Suara ledakan itu, benar-benar berbeda. Tidak ada cara lain untuk menggambarkannya."

Ilustrasi garis polisi.

Photo :
  • Pixabay

Beberapa detik kemudian, alarm gedung mulai berbunyi, ada suara keras di walkie-talkie juru sita pengadilan dan semua orang digiring keluar dari gedung.

Ketika Paris pergi, ia mendengar teriakan dan melihat sebuah jaket tergeletak di lantai yang "berapi-api dan mengeluarkan asap," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya