Erdogan Serukan Upaya Damai dengan Lawan "Agresi Israel yang Mengancam" Keamanan Regional

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • middleeastmonitor.com

Washington, VIVA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin mengatakan upaya damai "penting" untuk diambil dengan melawan "agresi Israel yang mengancam" keamanan regional.

AS Kirim "Sejumlah Kecil Personel Militer Tambahan" ke Timur Tengah saat Israel Serang Lebanon

Erdogan dan Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengadakan pertemuan tertutup di Turkish House di sela-sela Sidang Umum PBB di New York untuk mendiskusikan hubungan bilateral, serangan Israel terhadap Palestina dan Lebanon, serta perkembangan regional dan global.

"Masyarakat internasional harus lebih bersuara dengan dasar hukum internasional, diplomasi, dan hak asasi manusia "guna mengakhiri kekerasan yang dilakukan Israel di wilayah Palestina dan Lebanon sesegera mungkin," kata Erdogan kepada Pezeshkian, menurut Direktorat Komunikasi Turki.

Israel-Hizbullah di Ambang Perang, Kanada Imbau Warganya Tinggalkan Lebanon

"Turki meningkatkan upayanya untuk menyediakan bantuan kemanusiaan bagi warga sipil di wilayah Palestina, khususnya di Gaza, di mana pembantaian Israel berlangsung," tambahnya.

Israel Umumkan Darurat Nasional Buntut Meningkatnya Ketegangan dengan Hizbullah

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Photo :
  • timesofisrael.com

Terkait hubungan sejarah dan budaya antara Turki dan Iran, Erdogan menyuarakan keyakinannya bahwa hubungan bilateral akan dikembangkan dan diperkuat di setiap bidang.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan langsung pertama antara Erdogan dan Pezeshkian sejak dirinya terpilih sebagai presiden baru Iran pada Juli, setelah pendahulunya, Ebrahim Raisi, tewas dalam kecelakaan helikopter pada Mei, yang disebabkan oleh kondisi iklim. (ant)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengikuti Pertemuan Menlu ASEAN dengan Perwakilan Komite HAM Antarpemerintah ASEAN (AICHR) di Vientiane, Laos, Rabu, 24 Juli 2024.

RI Dorong GNB Lawan Ketidakadilan terhadap Palestina, Menlu Retno Sampaikan Pesan Menyentuh

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendorong kesatuan negara-negara anggota Gerakan Non-Blok (GNB) untuk membantu melawan ketidakadilan oleh Israel terhadap Palestina.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2024