Ledakan Bom Tanam di Pakistan, Dubes RI Selamat

Bendera Pakistan.
Sumber :
  • Antara FOTO.

Islamabad, VIVA – Sebuah ledakan bom mengguncang konvoi diplomat asing yang mengunjungi wilayah Pakistan bagian barat laut, hingga menewaskan sedikitnya satu polisi. Bom itu diketahui ditanam di pinggir jalan.

Ini Penyebab Ledakan Dahsyat di Tambang Batu Bara Iran yang Menewaskan 51 Pekerja

Dalam konvoi tersebut, diketahui terdapat Duta Besar Indonesia untuk Pakistan. Ledakan terjadi pada Minggu, 22 September 2024, waktu setempat itu.

Melansir dari NBC News, Senin, 23 September 2024, para diplomat asing itu berhasil selamat dan langsung dievakuasi dari lokasi ledakan oleh otoritas keamanan Pakistan.

Ledakan Tambang Batu Bara Sebabkan 51 Orang Tewas di Timur Laut Iran

Seorang pejabat kepolisian dari distrik Swat, Zahidullah Khan, mengatakan bahwa para diplomat asing itu sedang dalam perjalanan menuju ke sebuah resort wisata.

Ilustrasi ledakan.

Photo :
  • ANTARA FOTO
Rumah Hancur Akibat Ledakan, Pasutri di Sumenep Tewas

"Seketika sebuah mobil polisi yang mengawal konvoi mereka dihantam ledakan peledak rakitan," kata Khan.

Khan menyebut satu personel kepolisian yang mengawal konvoi itu tewas seketika di lokasi ledakan, sedangkan tiga orang lainnya mengalami luka-luka.

Dia menambahkan bahwa para diplomat asing itu mengunjungi area lembah Swat atas undangan kamar dagang setempat.

Wakil Inspektur Kepolisian Swat, Mohammad Ali Gandapur menyatakan bahwa semua Duta Besar negara asing yang ada dalam konvoi itu dalam kondisi selamat. Dia menyebut para penyerang hanya menargetkan kendaraan polisi yang mengawal konvoi diplomat asing tersebut.

Kepolisian setempat menuturkan bahwa rombongan diplomat asing itu terdiri atas para Duta Besar dari Indonesia, Portugal, Kazakhstan, Bosnia dan Herzegovina, Zimbabwe, Rwanda, Turkmenistan, Vietnam, Iran, Rusia dan Tajikistan.

Pihak kepolisian, sebut Gandapur, melakukan pengaturan keamanan bagi para Duta Besar tersebut dan mereka segera diselamatkan kemudian dievakuasi ke Islamabad, ibu kota Pakistan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya