Penampakan Ransel dan Senjata AK-47 di Semak-semak Diduga untuk Membidik Trump

Tas dan senjata AK-47 yang membidik Donald Trump saat main golf di Florida
Sumber :
  • AP Photo/Stephany Matat

Florida, VIVA – Calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump kembali menjadi target pembunuhan setelah suara tembakan terdengar di Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida, pada hari Minggu, 15 September 2024.

4 Pelaku Penembakan Remaja di Sergai Ditangkap, Motifnya Masih Didalami

Biro Investigasi Federal (FBI) menyatakan sedang menyelidiki insiden tersebut sebagai kemungkinan upaya percobaan pembunuhan terhadap Trump.

"FBI telah merespons di West Palm Beach, Florida, dan sedang menyelidiki kejadian yang tampaknya merupakan upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump," kata FBI melalui pernyataan dilansir AP, Senin. 

Jika Jadi Presiden, Trump Sebut AS Bakal Berhubungan Baik dengan Rusia dan China

Agen Dinas Rahasia AS yang ditempatkan beberapa titik dari tempat Trump bermain golf pada Minggu siang, melihat moncong senapan jenis AK-47 dari semak-semak yang berjejer di sepanjang lapangan.

Sherif Martin County menangkap pria dalam SUV diduga hendak menembak Trump

Photo :
  • Martin County Sheriffs Office via AP
Donald Trump was Targeted of Apparent Assassination Attempt in Florida

Moncong senjata itu berada di semak-semak berjarak sekitar 400-500 yard atau sekitar 400 meter dari lokasi Trump berada.

Personel Dinas Rahasia AS melepaskan tembakan ke seorang pria bersenjata yang berada di dekat batas properti Golf Trump, kata seorang pejabat Dinas Rahasia. 

Seorang agen lalu melepaskan tembakan dan pria bersenjata itu menjatuhkan senapannya dan melarikan diri dengan sebuah SUV.

Pelaku pergi dengan meninggalkan senjata api tersebut bersama dengan dua ransel, teropong yang digunakan untuk membidik, dan kamera GoPro 

Pria tersebut akhirnya dicegat oleh penegak hukum di jalan wilayah sekitar. 

"Saat ini kami telah menahan seseorang yang diduga sebagai tersangka," kata Sheriff Palm Beach County, Ric Bradshaw menambahkan.

Pelaku memiliki sikap tenang dan datar serta tidak menunjukkan emosi apa pun saat dihentikan dan tidak mempertanyakan mengapa ia diberhentikan, menurut Sheriff Martin County William Snyder.

"Dia tidak pernah bertanya, ‘apa maksudnya ini?" jelas, penegak hukum dengan senapan laras panjang, lampu biru, banyak hal yang terjadi. Dia tidak pernah mempertanyakannya," kata Snyder.

Trump Aman dan Sehat

Trump dinyatakan "aman" setelah adanya laporan tembakan yang diduga merupakan upaya pembunuhan di Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida.

"Presiden Trump aman setelah terdengar tembakan di sekitarnya. Tidak ada detail lebih lanjut untuk saat ini," kata Direktur Komunikasi Trump, Steven Cheung dalam sebuah pernyataan dilansir AP, Senin. 

Pernyataan itu muncul setelah laporan bahwa suara tembakan terdengara di luar Trump International Golf Club di West Palm Beach. 

Dalam email kepada para pendukungnya, Trump berkata: "Ada suara tembakan di sekitar saya, tetapi sebelum rumor mulai menyebar di luar kendali, saya ingin Anda mendengar ini terlebih dahulu: SAYA AMAN DAN SEHAT!" 

"Tidak ada yang akan memperlambat saya. SAYA TIDAK AKAN PERNAH MENYERAH!" sambungnya 

Usai insiden tersebut, Trump kembali ke Mar-a-Lago, klub pribadinya di Palm Beach, menurut seseorang yang mengetahui gerakan Trump yang tidak berwenang membahasnya di depan umum dan berbicara dengan syarat anonim.

Belum dijelaskan apakah situasi itu akan mempengaruhi jadwal kampanyenya. Trump dijadwalkan berbicara dari Florida tentang mata uang kripto secara langsung pada Senin malam di situs media sosial X. 

Ia juga akan dijadwalkan ke balai kota di Flint, Michigan, pada Selasa, dilanjutkan rapat umum pada Rabu di Long Island, New York.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya