Trump Selamat dari Upaya Penembakan di Florida: Saya Aman dan Sehat!

Mantan Presiden AS Donald Trump di Georgia, AS
Sumber :
  • AP Photo/Alex Brandon

Florida, VIVA – Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, dinyatakan "aman" setelah adanya laporan tembakan yang diduga merupakan upaya pembunuhan di Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida, AS, Minggu, 15 September 2024, siang. 

Tampang Pelaku Percobaan Pembunuhan Trump di Lapangan Golf

"Presiden Trump aman setelah terdengar tembakan di sekitarnya. Tidak ada detail lebih lanjut untuk saat ini," kata Direktur Komunikasi Trump, Steven Cheung dalam sebuah pernyataan dilansir AP, Senin. 

Pernyataan itu muncul setelah laporan bahwa suara tembakan terdengara di luar Trump International Golf Club di West Palm Beach. 

4 Pelaku Penembakan Remaja di Sergai Ditangkap, Motifnya Masih Didalami

Dalam email kepada para pendukungnya, Trump berkata: "Ada suara tembakan di sekitar saya, tetapi sebelum rumor mulai menyebar di luar kendali, saya ingin Anda mendengar ini terlebih dahulu: SAYA AMAN DAN SEHAT!" 

"Tidak ada yang akan memperlambat saya. SAYA TIDAK AKAN PERNAH MENYERAH!" sambungnya 

Jika Jadi Presiden, Trump Sebut AS Bakal Berhubungan Baik dengan Rusia dan China

Ia kembali ke Mar-a-Lago, klub pribadinya di Palm Beach yang menjadi tempat tinggalnya, menurut seseorang yang mengetahui aktivitas Trump. 

Tidak segera jelas apakah perkembangan itu akan memengaruhi jadwal kampanyenya. Trump dijadwalkan berbicara dari Florida tentang mata uang kripto secara langsung pada Senin malam di situs media sosial X. 

Trump juga dijadwalkan hadir di balai kota Flint, Michigan, pada Selasa dan dilanjutkan rapat umum pada Rabu di Long Island, New York. 

Sebuah email kepada staf kampanye Trump yang diperoleh AP mengatakan, “Ini bukan masalah yang kami anggap enteng. Keselamatan Anda selalu menjadi prioritas utama kami. Kami meminta Anda untuk tetap waspada dalam datang dan pergi setiap hari.” 

“Saat kita memasuki 50 hari terakhir kampanye Presiden Trump, kita harus ingat bahwa kita hanya akan dapat menyelamatkan Amerika dari mereka yang berusaha menghancurkannya dengan bekerja sama sebagai satu tim.” 

Biro Investigasi Federal (FBI) menyatakan sedang menyelidiki insiden tersebut sebagai kemungkinan upaya pembunuhan terhadap Trump. 

"FBI telah merespons di West Palm Beach, Florida, dan sedang menyelidiki kejadian yang tampaknya merupakan upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump," kata FBI melalui pernyataan. 

Insiden ini terjadi hampir dua bulan setelah Trump terluka dalam upaya pembunuhan pada 13 Juli. 

Ketika itu, Thomas Matthew Crooks, seorang pria bersenjata berusia 20 tahun yang bertindak sendiri, mengeluarkan tembakan ke arah Trump selama kampanye berlangsung di Butler County, Pennsylvania. 

Tembakan peluru itu sempat mengenai telinga kanan Trump. 

Sebelumnya, pejabat penegak hukum mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah menangkap seorang tersangka yang terlihat oleh agen Dinas Rahasia AS dengan memegang sebuah senapan serbu jenis AK-47 di luar klub golf Trump. 

Personel Dinas Rahasia AS melepaskan tembakan ke seorang pria bersenjata yang berada di dekat batas properti, kata seorang pejabat Dinas Rahasia. 

"Saat ini kami telah menahan seseorang yang diduga sebagai tersangka," kata Sheriff Palm Beach County, Ric Bradshaw. 

Pejabat itu juga mengatakan bahwa Trump berada sekitar 400-500 yard (365-475 meter) dari pria bersenjata tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya