Rusia Usir 6 Diplomat Inggris atas Tuduhan Mata-Mata

Bendera Rusia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

Rusia, VIVA – Rusia memutuskan untuk mencabut akreditasi enam diplomat Inggris yang berada di Moskow pada Jumat, 13 September 2024. Rusia menuduh mereka terlibat dalam kegiatan mata-mata yang dianggap sebagai ancaman bagi keamanan negara.

Jenderal Angkatan Udara Amerika: Rusia Lebih Kuat dari Saat Awal Gempur Ukraina

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan mereka telah menemukan dokumen yang menunjukkan bahwa Direktorat Eropa Timur dan Asia Tengah dari kantor luar negeri Inggris memiliki misi untuk mengalahkan Rusia.

Setelah Rusia memulai operasi militer di Ukraina pada tahun 2022, FSB mengklaim direktorat tersebut berubah menjadi layanan khusus yang melawan Rusia.

Eks Direktur CIA: Armada Laut Hitam Rusia Akan Dihancurkan!

Menurut FSB, dokumen-dokumen tersebut membuktikan bahwa aktivitas para diplomat Inggris merupakan ancaman terhadap keamanan Rusia.

Sebagai tanggapan terhadap "tindakan tidak bersahabat" dari Inggris, Kementerian Luar Negeri Rusia memutuskan untuk mencabut akreditasi enam pegawai dari Kedutaan Besar Inggris di Moskow. Mereka dianggap terlibat dalam kegiatan intelijen dan subversif.

Lawan Pengaruh Rusia, Ratusan Tentara Ukraina Latih Milisi Jihad Suriah Bikin Drone

Dengan pencabutan akreditasi ini, para diplomat tidak lagi memiliki izin resmi untuk tinggal di Rusia dan harus meninggalkan negara tersebut.

FSB juga memperingatkan bahwa mereka akan mengambil tindakan lebih lanjut jika ada bukti kegiatan serupa dari diplomat Inggris lainnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa diplomat Inggris telah melakukan aktivitas yang merugikan rakyat Rusia.

“Kami setuju dengan penilaian FSB tentang tindakan diplomat Inggris,” katanya, dilansir dari Anadolu Ajansi.

Zakharova menambahkan bahwa tindakan diplomat Inggris melampaui batas yang ditetapkan oleh Konvensi Wina dan dimaksudkan untuk menyakiti rakyat Rusia.

"Kedutaan Besar Inggris telah melampaui batas yang ditetapkan oleh Konvensi Wina. Yang lebih penting, ini bukan hanya tentang pelanggaran formal atau ketidaksesuaian dalam kegiatan yang mereka nyatakan, tetapi tentang tindakan yang disengaja yang bertujuan untuk menyebabkan kerugian bagi rakyat kami," tambahnya.

FSB juga merilis foto keenam diplomat yang terkena pencabutan akreditasi, sebuah langkah yang jarang dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya