Zona Aman Gaza Digempur Israel dan Tewaskan 40 Orang, WHO Serukan Gencatan Senjata

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Sumber :
  • Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP

Istanbul, VIVA - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Selasa (10/9) meminta gencatan senjata segera diwujudkan, setelah Israel melancarkan serangan udara yang mematikan di "zona aman" di Gaza selatan.

Biden Peringatkan Netanyahu untuk Tidak Perluas Konflik dengan Lebanon

Lewat unggahan di X, Tedros mengutuk serangan militer Israel ke tenda-tenda yang menampung para pengungsi warga sipil di Kota Khan Younis, tempat "yang seharusnya aman".

"Serangan udara mematikan di Khan Younis hari ini lagi-lagi menunjukkan perlunya gencatan senjata segera," ujarnya.

Menlu Rusia:: Amerika Serikat Tidak Ingin Diakhirinya Pertumpahan Darah di Gaza

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza

Photo :
  • idf.il

Sedikitnya 40 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan pada Selasa. Dinas pertahanan sipil Gaza mengatakan roket Israel menyebabkan tenda-tenda pengungsi (terbakar) dan menimbulkan lubang sedalam sembilan meter.

PBB: Apa yang Kami Lihat adalah Tidak Ada Tempat yang Aman di Gaza

"Tidak ada vaksin ataupun obat yang dapat membantu, jika orang-orang terbunuh dan dipaksa hidup dalam kondisi yang mengerikan seperti itu," kata Tedros, menegaskan.

Kepala WHO itu juga menyebutkan bahwa vaksinasi polio yang digelar di Gaza utara pada Selasa diperkirakan akan berlanjut sampai 12 September.

Dia mengonfirmasi bahwa vaksin, alat sidik jari, dan peralatan pendingin telah dikirim ke daerah tersebut.

Bayi kembar Palestina yang baru lahir, Aysel dan Asser, tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza tengah pada Selasa, 13 Agustus 2024, saat sang ayah, Mohammad Abu al-Qumsan, mengambil akta kelahiran mereka.

Photo :
  • ANTARA

"Tim kami berupaya untuk mengirim lebih banyak bahan bakar guna memastikan kendaraan, yang digunakan petugas vaksinasi untuk menjangkau anak-anak tetap berfungsi, dan rumah-rumah sakit dapat kembali dipasok agar tetap beroperasi," katanya.

"Kami menyerukan agar jeda kemanusiaan terus dijaga dan keselamatan petugas kesehatan dihormati. Anak-anak di Gaza berhak merasakan perdamaian yang abadi, tidak hanya vaksin polio".

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 41.000 warga Palestina di Gaza sejak Hamas meluncurkan serangan pada Oktober tahun lalu.

Aksi tersebut telah menyebabkan kelaparan, pengungsian massal, dan penyakit di daerah kantong yang terkepung tersebut.

Perundingan untuk mengakhiri perang yang melibatkan mediator Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir terus diupayakan, meski belum membuahkan hasil. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya