Donald Trump dan Kamala Harris Debat Pertama 10 September 2024

Donald Trump di acara debat kandidat capres AS
Sumber :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Washington, VIVA – Persaingan ketat antara calon presiden Amerika Serikat (AS) masih berlanjut, menurut jajak pendapat yang dirilis pada Minggu, 8 September 2024, dua hari sebelum Kamala Harris dan Donald Trump menggelar debat pertama.

Trump Refuses to Face Off with Harris in Upcoming Presidential Debate

Dilansir dari ANews, Senin, 9 Septembwr 2024, debat keduanya mungkin satu-satunya debat yang disiarkan di televisi.

Jajak pendapat terbaru mengonfirmasi bahwa Trump masih memperoleh dukungan dari sekitar setengah pemilih, meskipun dia memiliki status bersejarah sebagai penjahat dan perannya dalam kerusuhan hasil pemilu pada tahun 2020.

Dukungan AS Terhadap Israel Picu Kemarahan di Seluruh Negeri Menjelang Pemilihan Presiden

Arsip - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

Harris, yang baru terjun ke persaingan setelah Presiden Biden tiba-tiba mengundurkan diri pada bulan Juli, telah dengan cepat mengubah dirinya dari wakil presiden yang kurang dikenal menjadi pesaing serius. Namun, jajak pendapat menunjukkan bahwa dia belum membuat terobosan besar, sehingga persaingan menjadi tidak pasti.

Debat Calon di Pilkada Bintan Kepri Ditiadakan, Ini Penggantinya

Jajak pendapat New York Times/Siena menemukan bahwa Trump mengungguli Harris secara nasional dengan 48 banding 47 persen.

Pemilihan presiden AS diputuskan dengan menghitung hasil kontes negara bagian demi negara bagian, bukan suara rakyat nasional secara keseluruhan, yang berarti bahwa segelintir negara bagian yang masih belum jelas biasanya menentukan pilihannya menjelang hasil akhir.

Jajak pendapat tersebut menemukan Harris unggul tipis di Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania, serta imbang di empat negara bagian lain yang masih belum jelas posisinya seperti Nevada, Georgia, North Carolina, dan Arizona.

Jajak pendapat CBS News/YouGov menempatkan Harris unggul satu poin persentase di Michigan dan Wisconsin dan imbang di Pennsylvania.

Pemilihan tersebut sudah kacau setelah Biden mengundurkan diri di tengah kekhawatiran atas usianya, dan Trump nyaris terbunuh dari penembakan di sebuah rapat umum.

Kekhawatiran juga meningkat bahwa Trump akan kembali menolak untuk mengakui kekalahan jika ia kalah pada bulan November.

Namun, angka-angka terbaru mengonfirmasi bahwa setiap kandidat mempertahankan basis loyalis yang sangat stabil, yang hampir membagi negara secara merata.

Salah satu pengubah permainan bisa jadi adalah debat ABC News hari Selasa, 10 September 2024.

Trump akan berada di bawah tekanan karena dia harus mengendalikan penggunaan hinaan dan intimidasi yang menjadi ciri khasnya, saat ia berdiri melawan kandidat ras campuran, yang bersaing untuk menjadi presiden perempuan pertama dalam sejarah AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya