Paus Fransiskus Bakal Gunakan Maung MV3 Pope Mobile dalam Misa Akbar di GBK

Mobil Buatan PT Pindad yang Digunakan Paus Fransiskus Dalam Misa Akbar di GBK (Doc: PT Pindad)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad akan digunakan oleh Paus Fransiskus sebagai mobil operasional saat misa agung yang akan dihadiri sekitar 90.000 umat Katolik pada Kamis 5 September 2024 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Maung, yang merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto, telah dimodifikasi khusus untuk memenuhi kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus.

Pencuri Tas Pemain Timnas Dimas Drajad Penjahat Kambuhan dan Baru Keluar Penjara

Direktur Utama PT Pindad, Abraham mengungkapkan bahwa penugasan ini merupakan suatu kehormatan bagi perusahaan karena produk kendaraannya dipercaya oleh Paus Fransiskus untuk mendukung kegiatan misa agung di GBK.

"Terima kasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi pope mobile yang digunakan Paus pada misa agung di GBK," kata Abraham dalam keterangan persnya, Rabu, 4 September 2024.

Viral Ribut Suporter di GBK Pasca Laga Timnas Indonesia Vs Australia, Polisi Bilang Begini

PT Pindad Abraham Mose.

Photo :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

"Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dilibatkan secara langsung dalam mendukung kendaraan operasional pemimpin umat katolik di seluruh dunia sekaligus tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian," tambahnya.

Misa Bersama Paus Fransiskus di Timor Leste Dihadiri Setengah Dari Populasi Penduduk

Maung MV3 Pope Mobile, yang berwarna putih dan menampilkan logo Maung Pindad di grill depan, dilengkapi dengan bendera, segel Vatikan, serta plat nomor SCV1, singkatan dari Status Latin Civitatis Vaticanae (Negara Kota Vatikan).

Setelah peluncuran generasi pertama Maung, Prabowo Subianto meminta berbagai inovasi dan perbaikan, sehingga PT Pindad akhirnya meluncurkan generasi ketiga (MV3) dengan bodi yang lebih tangguh dan kemampuan manuver di medan ekstrem. Varian Tangguh dari Maung MV3 ini telah dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat misa agung di Indonesia.

Modifikasi dan fitur tambahan pada Maung MV3 Pope Mobile meliputi tangga lipat untuk akses panggung, kursi utama di bagian belakang kendaraan, sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector untuk perlindungan dari hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Maung MV3 Tangguh menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu mencapai kecepatan aman hingga 100 km/jam, dan memiliki jarak tempuh maksimum 500 km. Varian yang digunakan ini memiliki atap terbuka dan dapat mengangkut empat orang personel.

Selain varian ini, Maung MV3 juga tersedia dalam varian lain seperti Maung MV3 Komando dengan atap hard top dan Maung MV3 Jelajah dengan atap soft top.

Mobil Buatan PT Pindad yang Digunakan Paus Fransiskus Dalam Misa Akbar di GBK (Doc: PT Pindad)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Sebagai informasi, lawatan Paus ke Jakarta kali ini akan berlangsung mulai 3-6 September 2024.

Dalam perjalanan apostoliknya, Paus dikabarkan akan menyambangi beberapa tempat, mulai dari Gereja Katedral hingga Masjid Istiqlal.

Paus Fransiskus juga dikabarkan akan menemui petinggi negara, pemuka agama, hingga kelompok masyarakat tertentu selama berada di Indonesia untuk Misa Akbar di GBK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya