Aksi Protes Pro-Palestina Kembali Terjadi di Universitas Columbia, Dimulai saat Semester Musim Gugur

Aksi protes pro Palestina
Sumber :
  • Hindustantimes.com

VIVA – Saat Universitas Columbia membuka kembali perkuliahan hari Selasa, para mahasiswa dan staf pengajar sedang merencanakan, dan bersiap, untuk dimulainya kembali protes pro-Palestina yang mengguncang kampus Manhattan pada akhir semester musim semi dan memicu gelombang demonstrasi perguruan tinggi di seluruh negeri.

Unjuk Rasa Dukung Kemerdekaan Palestina di Kampus, 4 Orang Ditangkap

Dalam beberapa minggu terakhir, pimpinan baru universitas telah memulai sesi dengar pendapat yang bertujuan untuk meredakan ketegangan, merilis laporan tentang antisemitisme di kampus, dan mengedarkan pedoman protes baru yang dimaksudkan untuk membatasi gangguan. 

Namun, para pengorganisir mahasiswa tidak gentar, dan berjanji untuk meningkatkan aksi mereka, termasuk kemungkinan berkemah hingga universitas setuju untuk memutuskan hubungan dengan perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel.

Mahasiswa Universitas Harvard Menolak Gelar Sarjana Karena Protes Pro Palestina

“Selama Universitas Columbia terus berinvestasi dan mendapatkan keuntungan dari apartheid Israel, para mahasiswa akan terus melawan,” kata Mahmoud Khalil, seorang mahasiswa pascasarjana yang mewakili para pengunjuk rasa kampus dalam negosiasi dengan universitas tersebut dikutip VIVA.co.id dari laman Hindustantimes pada Rabu, 4 September 2024. 

Aksi Pro-Palestina di AS, Joe Biden: Tidak Boleh Ada Anti-Yahudi

Awal tahun ajaran baru datang kurang dari sebulan setelah pengunduran diri presiden Columbia, Minouche Shafik, yang mengerahkan polisi ke kampus dua kali musim semi lalu untuk membersihkan perkemahan protes. 

Ketika sekelompok kecil mahasiswa menduduki gedung universitas, ratusan petugas polisi menyerbu kampus, melakukan penangkapan, dan membuat universitas terkunci.

Pada Selasa pagi, puluhan pengunjuk rasa pro-Palestina berdemonstrasi di luar salah satu pintu masuk sekolah, beberapa menabuh genderang, sementara antrean panjang siswa dan staf berjalan melewati pos pemeriksaan keamanan. 

Pintu masuk lainnya memiliki antrean yang lebih pendek, sementara beberapa pintu ditutup dengan kunci sepeda. Sejak pengunduran diri Shafik, presiden sementara, Katrina Armstrong, telah bertemu dengan para mahasiswa dari kedua belah pihak yang bersengketa, dan berjanji untuk menyeimbangkan hak-hak mahasiswa untuk berekspresi secara bebas dan lingkungan belajar yang aman. 

Demonstrasi Pro-Palestina di Australia (Doc: The Sundaily)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Sementara pesan tersebut telah mengilhami optimisme yang hati-hati di antara beberapa fakultas, yang lain melihat prospek gangguan besar sebagai sesuatu yang tak terelakkan.

"Kami berharap yang terbaik, tetapi kami semua bertaruh berapa lama lagi sebelum kami kembali menjalani karantina wilayah total," kata Rebecca Korbin, seorang profesor sejarah yang bertugas di gugus tugas antisemitisme Universitas Columbia.

"Tidak ada perubahan besar, jadi saya tidak tahu mengapa pengalaman di musim gugur akan terlihat jauh berbeda dengan apa yang terjadi di musim semi."

Dalam sebuah laporan yang dirilis hari Jumat, satuan tugas yang terdiri dari staf pengajar Columbia menuduh universitas tersebut membiarkan antisemitisme yang "merambah" menyebar di kampus setelah serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober.

Laporan tersebut merekomendasikan agar universitas tersebut merombak proses disiplinnya dan mewajibkan pelatihan kepekaan tambahan bagi mahasiswa dan staf.

Demonstrasi menentang perang telah mulai bermunculan di kampus-kampus semester ini, termasuk satu di Universitas Michigan yang mengakibatkan banyak penangkapan. Meskipun beberapa protes baru-baru ini di dekat Columbia bersifat kecil, tanda-tanda kerusuhan musim semi lalu sudah terlihat jelas.

4 Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Ditangkap di Universitas Michigan

Photo :
  • Anadolu Ajansi

Gerbang besi tinggi universitas, yang selama ini terbuka untuk umum, kini dijaga ketat, sehingga mahasiswa harus menunjukkan identitas untuk memasuki kampus. Di dalam, penjaga keamanan swasta berdiri di tepi halaman rumput yang telah disita mahasiswa untuk berkemah.

Sebuah plakat baru di pagar di dekatnya mencantumkan bahwa "berkemah" dilarang. Layla Hussein, seorang mahasiswa tingkat dua di Columbia yang membantu memimpin program orientasi, menggambarkan tindakan keamanan tambahan tersebut sebagai gangguan yang tidak diinginkan dan bersifat bermusuhan.

"Kami berusaha menciptakan lingkungan yang ramah. Tidak ada gunanya melihat ke luar dan melihat banyak penjaga keamanan dan barikade," kata Hussein.

Pihak lain menuduh universitas memperlakukan para mahasiswa yang berunjuk rasa terlalu lunak, dengan alasan bahwa kurangnya pedoman yang jelas akan mengakibatkan kekacauan lebih lanjut semester ini. Meskipun beberapa kasus disiplin tersebut masih berlangsung, jaksa telah membatalkan tuntutan terhadap banyak mahasiswa yang ditangkap semester lalu dan universitas telah mengizinkan mereka kembali ke kampus.

"Mereka melanggar setiap aturan yang ada dan mereka secara terbuka menyatakan akan terus melakukannya," kata Elisha Baker, mahasiswa tingkat tiga di Columbia yang memimpin kelompok keterlibatan Israel, seraya menambahkan: "Kita perlu melakukan perhitungan serius terhadap proses disiplin untuk memastikan siswa memiliki lingkungan belajar yang aman."

Setelah mahasiswa Yahudi menggugat Columbia, menuduh mereka menciptakan lingkungan yang berbahaya di kampus, universitas tersebut setuju pada bulan Juni untuk menyediakan "jalur penghubung yang aman" bagi mereka yang khawatir dengan aktivitas protes.

Pada bulan Juli, Columbia memberhentikan tiga administrator yang bertukar pesan teks pribadi yang meremehkan pembicara tertentu selama diskusi tentang kehidupan Yahudi dengan cara yang menurut Shafik menyentuh "kiasan antisemit kuno."

Salah satu administrator telah menyarankan dalam sebuah teks, bahwa seorang rabi kampus akan mengubah kekhawatiran tentang antisemitisme menjadi peluang penggalangan dana. Seorang juru bicara Columbia mengatakan universitas tersebut telah memperkuat pedomannya seputar protes dan mengembangkan pelatihan baru bagi mahasiswa baru mengenai antisemitisme dan Islamofobia.

Peraturan protes yang direvisi mengharuskan penyelenggara untuk memberi tahu universitas tentang protes yang dijadwalkan, melarang demonstrasi yang "secara substansial menghambat tujuan utama ruang universitas tertentu."

“Universitas dapat membatasi ekspresi yang merupakan ancaman pelecehan nyata, yang secara tidak beralasan menyerang privasi seseorang, atau yang mencemarkan nama baik individu tertentu,” catat pedoman tersebut.

Seperti banyak universitas lainnya, Columbia juga tengah terlibat dalam perdebatan sengit tentang definisi antisemitisme, dan apakah ujaran anti-Zionis yang umum dalam protes mahasiswa harus dilihat sebagai bentuk diskriminasi.

Di Universitas New York, yang juga menyaksikan protes besar-besaran dan perkemahan musim semi lalu, kode etik yang diperbarui kini memperingatkan para mahasiswa bahwa ujaran yang mengkritik Zionisme dapat melanggar kebijakan antidiskriminasi. Langkah tersebut menuai pujian dari kelompok-kelompok besar Yahudi, serta reaksi keras dari kelompok mahasiswa dan beberapa fakultas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya