Paus Fransiskus Setiba di Indonesia: Ini Perjalanan Terpanjang yang Pernah Saya Lakukan

Paus Fransiskus Sapa Para Warga Jakarta Saat di dalam Mobil
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta, VIVA – Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik global sekaligus Kepala Negara Vatikan, telah tiba di Indonesia.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Sebelum mendarat, Sri Paus menyatakan bahwa penerbangan kali ini adalah yang terpanjang yang pernah dijalaninya.

Berdasarkan laporan Rome Reports, Selasa, 3 September 2024, Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, setelah melakukan penerbangan selama 13 jam  dari Roma, Italia.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Sebelum turun dari pesawat, Paus Fransiskus menyapa jurnalis yang ikut dalam penerbangan tersebut.

"Terima kasih telah ikut dalam perjalanan ini. Terima kasih atas kebersamaan Anda. Saya rasa ini adalah perjalanan terpanjang yang pernah saya lakukan," kata Paus pada awak media.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Paus Fransiskus Tiba di Indonesia

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Sebagai informasi, lawatan Paus Fransiskus ke Jakarta akan berlangsung mulai 3 hingga 6 September mendatang.

Dalam perjalanan apostoliknya, Paus dikabarkan akan menyambangi beberapa tempat, mulai dari Gereja Katedral hingga Masjid Istiqlal.

Paus Fransiskus juga dikabarkan akan menemui petinggi negara, pemuka agama, hingga kelompok masyarakat tertentu selama berada di Indonesia untuk Misa Akbar di GBK.

Sambutan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan selamat datang kepada Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024. 

Jokowi menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia, dan atas nama rakyat Indonesia mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia.

"Selamat datang yang teramat mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya yang disampaikan di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, 3 September 2024.

Selama empat hari kunjungannya, Sri Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil masyarakat, serta tokoh lintas agama di Istiqlal.

Paus juga akan memimpin Misa Suci Akbar Paus Fransiskus di Gelora Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya