6 Tempat yang Akan Dikunjungi Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

Jakarta, VIVA – Pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus akan tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024. Lawatannya ke Jakarta itu nantinya akan berlangsung mulai 3-6 September mendatang.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Dalam perjalanan apostoliknya, Paus dikabarkan akan menyambangi beberapa tempat, mulai dari Gereja Katedral hingga Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

Photo :
  • Istimewa
Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Paus Fransiskus juga dikabarkan akan menemui petinggi negara, pemuka agama, hingga kelompok masyarakat tertentu selama berada di Indonesia untuk Misa Akbar di GBK.

Berikut beberapa tempat yang akan dikunjungi Paus selama 3 hari di Indonesia:

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

1. Istana Negara

Paus Fransiskus akan mendatangi Istana Negara pada 4 September 2024. Pemimpin tertinggi Katolik Roma itu akan bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sekitar pukul 10.00 WIB.

Di Istana Negara, Paus juga akan menemui Korps Diplomatik, masyarakat sipil, tokoh masyarakat, dan para pejabat. Dia juga akan berpidato di tengah sejumlah tamu yang hadir di sana.

2. Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta

Setelah berkunjung ke Istana Negara, tempat yang dikunjungi Paus Fransiskus selanjutnya adalah Kedutaan Besar Vatikan atau Apostolic Nunciatura. Di sana, Paus akan menemui para anggota Serikat Yesus Indonesia. Pertemuan ini direncanakan sekitar pukul 11.30 WIB.

3. Gereja Katedral

Setelah berkunjung ke Istana Negara dan Kedutaan Besar Vatikan, Paus dijadwalkan akan berada di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral sore harinya.

Sekitar pukul 16.30 WIB, Paus berencana menemui para uskup, imam, diakon, biawaran-biarawati, seminaris, dan katekis di sana. Pertemuan ini direncanakan berlangsung selama satu jam.

Sekitar 17.35 WIB, Paus akan sedikit bergeser ke Youth Center Graha Pemuda yang masih berada di kompleks Katedral. Di sana, dia akan menemui kaum muda dari Scholas Occurantes. Scholas Occurantes adalah organisasi internasional yang bergerak di lima benua melalui jaringan pendidikan ekstensif.

4. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Selanjutnya, pada Kamis, 5 September 2024, Paus akan menghadiri Interreligious Meeting di Masjid Istiqlal. Di dalam kunjungan tersebut, Paus akan bertemu dengan para tokoh agama di Indonesia.

5. Kantor Konferensi Waligereja Indonesia

Setelah menghadiri acara di Masjid Istiqlal, tempat yang dikunjungi Paus Fransiskus selanjutnya adalah kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Di dalam kantor tersebut, Paus akan menemui para penerima manfaat dari organisasi-organisasi amal di Indonesia.

6. Gelora Bung Karno (GBK)

Puncak dari kunjungan Paus Fransiskus adalah ketika menghadiri Misa Suci di gelora Bung Karno. Misa Agung ini akan dipimpin langsung oleh Paus. Acara ini diketahui akan dihadiri oleh 80 ribu umat Katolik dari berbagai wilayah Indonesia. Misa akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya