Eks Presiden Korsel Jadi Tersangka karena Bantu Menantunya Dapat Jabatan

Moon Jae-in Presiden Korea Selatan
Sumber :
  • Instagram/Seoul_Korea

Seoul, VIVA – Mantan Presiden Korea Selatan, Moon Jae In jadi tersangka kasus suap karena membantu menantu laki-lakinya mendapatkan jabatan di perusahaan maskapai penerbangan.

Ipda T Jadi Tersangka Pembunuhan Tuti dan Amalia di Subang, Ini Alasannya

Identifikasi status Moon tertuang dalam surat penggeledahan dari Kejaksaan Tinggi Korsel pada 30 Agustus lalu. Jaksa juga melakukan penggerebekan di rumah anak mantan presiden Korsel, Moon Da Hye.

Melansir dari The Straits Times, Senin 2 September 2024, penggeledahan dan penyelidikan yang melibatkan Moon ditangani Divisi Kriminal 3 Kantor Kejaksaan Distrik Jeonju.

Babak Baru Kasus Pembunuhan Tuti dan Amalia di Subang, Oknum Polisi Ipda T Jadi Tersangka

Status tersangka itu muncul usai mantan menantu Moon, yang disebut Seo, mendapat pekerjaan dengan jabatan tinggi di maskapai penerbangan Ester Jet yang didirikan Lee Sang Jik.

Banyak pihak menganggap pekerjaan tersebut sebagai imbalan atas pengaturan pengangkatan posisi penting Lee di pemerintahan.

Danovan yang Acungkan Golok ke Aiptu Agus Jadi Tersangka, Tapi Dibantarkan

Moon Jae-in (Kiri)

Photo :
  • ANTARA

Mendengar hal tersebut, pihak berwenang Korsel segera menyelidiki kemungkinan hubungan pekerjaan Seo dan penunjukan mantan anggota parlemen Lee Sang-jik sebagai kepala Badan UKM dan Perusahaan Rintisan Korea, atau Kosme.

Penggerebekan di rumah anak Moon terjadi usai Korsel menerima laporan aduan soal perekrutan Seo, di Thai Eastar Jet pada 2020. Seo saat ini telah bercerai dengan Da Hye.

Pada September 2020 dan April 2021, Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang saat itu menjadi oposisi, dan kelompok sipil Justice People di Seoul, mengajukan empat pengaduan dengan tuduhan kemungkinan hubungan timbal balik antara Lee dan Seo.

PPP mengajukan pengaduan korupsi ke jaksa penuntut umum terkait pengangkatan Seo sebagai direktur eksekutif Thai Eastar Jet.

Maskapai itu didirikan Lee, anggota parlemen dua periode dari Partai Demokrat yang berkuasa saat itu. Dia juga merupakan pendiri maskapai penerbangan berbiaya rendah Korea Selatan, Eastar Jet.

Lee diangkat menjadi presiden Kosme pada Maret 2018, hanya beberapa bulan sebelum Seo bergabung dengan unit Eastar di Thailand pada Juli di tahun yang sama. Tahun tersebut Moon masih menjabat sebagai presiden

Namun, Seo yang minim pengalaman ditambah kesulitan finansial perusahaan menimbulkan kecurigaan keterlibatan kantor kepresidenan terkait pengangkatan Lee.

Jaksa menduga pengangkatan Lee mungkin telah diputuskan selama pertemuan informal sekretaris presiden pada akhir tahun 2017.

Menurut dokumen tuntutan pengadilan, Moon dan istrinya menafkahi keluarga putri mereka selama beberapa waktu. Namun, mereka berhenti melakukan dukungan itu usai Seo bekerja di Thai Eastar Jet.

Jika dukungan itu dihentikan setelah Seo bekerja, termasuk gaji dan perumahan Seo, bisa dilihat sebagai bentuk suap kepada ke Moon.

Jaksa memperkirakan Seo menerima total 223 juta won atau sekitar Rp 2,5 miliar dalam bentuk gaji dan biaya relokasi ke Thailand antara Juli 2018 dan April 2020.

Oleh karena itu, mereka mengindikasikan dalam surat perintah penggeledahan bahwa Moon diduga menerima jumlah tersebut sebagai suap Lee.

Sebagai informasi, Seo telah menjalani pemeriksaan tiga kali pada 2024 sebagai saksi, dan secara konsisten mempertahankan haknya untuk tetap diam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya