Jokowi di Pembukaan IAF 2024: Gejolak Geopolitik Membuat Rakyat Negara Berkembang Kesulitan

Jokowi Pidato Pembukaan di Forum IAF ke-2 dan HLF MSP 2024 di Bali (Doc: Natania Longdong)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Bali, VIVA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 dan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnership (HLF MSP) 2024, di Nusa Dua, Bali, pada Senin, 2 September 2024.

Warganet Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi via Postingan IG Ajudannya

Dalam pidato pembukaannya. Jokowi menekankan bahwa forum tersebut bertujuan untuk memberikan dampak positif di tengah kondisi global yang semakin memanas, terutama dengan perang yang berkecamuk di beberapa negara.

"Forum tingkat tinggi kemitraan multi pihak dan forum kedua Indonesia-Afrika ini kita semua hendak menciptakan perubahan positif di tengah dunia yang penuh dengan tantangan, baik tantangan terkait perlambatan ekonomi, tingkat pengangguran, dan inflasi yang belum membaik, maupun ketegangan geopolitik yang terus berlanjut dan telah menimbulkan banyak korban jiwa serta mengganggu rantai pasok global," kata Jokowi dalam forum tersebut.

Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum Kadin di Munaslub, Anindya Bakrie Ingin Lapor ke Jokowi

Dia juga menjabarkan bahwa isu geopolitik yang kian memanas membawa dampak negatif pada negara-negara berkembang. Menurut Jokowi, jutaan rakyat negara berkembang turut merasakan gangguan akibat kondisi dunia dan solidaritas dunia yang kian menurun.

"Yang sangat disayangkan di saat seperti ini solidaritas internasional justru menurun, semangat multilateralisme justru semakin dikesampingkan, dan fragmentasi semakin melebar, yang pada akhirnya (membuat) negara-negara berkembang yang paling terdampak, jutaan rakyat negara berkembang adalah yang paling merasakan kesulitan."

SK Mundur dari Seskab Belum Diteken Jokowi, Pramono Anung: Saya Taat pada Aturan Main

Sebagai informasi, kedua kegiatan itu merupakan kerja sama antara Kementerian Luar Negeri RI dan Bappenas. Total peserta diperkirakan mencapai 1.500 delegasi dari negara-negara Afrika serta negara Global South lainnya.

HLF MSP 2024 sendiri mengusung tema "Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change”. Terdapat sesi utama Joint Leaders Session Indonesia-Afrika (IAF) dan HLF MSP 2024 serta High-Level Plenary Session pada hari kedua.

Diketahui, High-Level Plenary Session pada hari ini juga akan dibuka oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. Kemudian, diikuti oleh pidato kunci dari Presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto, serta Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao.

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Terakhir di IKN Nusantara

Jokowi Aims for Balikpapan-IKN Toll Road Completion by Mid-2025

President Joko Widodo (Jokowi) has set a target for the completion of the Pulau Balang Toll Road, which connects the city of Balikpapan to the new capital city (IKN).

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024