Hujan Lebat Picu Banjir Bandang Landa Pakistan, 20 Orang Tewas dalam Sehari

Banjir bandang di Pakistan.
Sumber :
  • Anadolu Via Antara FOTO

Islamabad, VIVA - Banjir bandang dipicu hujan lebat melanda sejumlah daerah di Pakistan. Bencana itu menyebabkan 20 orang meninggal dan 47 lainnya terluka, Sabtu, 31 Agustus 2024.

INH Ajak Semua Pihak Peduli Bencana Puting Beliung yang Terjang Ratusan Rumah di Bogor

Menurut Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional (NDMA) yang dikutip Anadolu, hujan lebat dan banjir awalnya melanda Provinsi Balochistan, Punjab, Sindh dan Khyber Pakhtunkhwa pada Jumat, 30 Agustus 2024 berlanjut di sejumlah wilayah.

Sedikitnya 12 orang termasuk sembilan anak, dari satu keluarga meninggal. Insiden itu terjadi saat rumah mereka di daerah Dir Upper, barat laut Khyber Pakhtunkhwa ambruk.

Cawabup Bogor Malam-malam Datangi Warga Korban Bencana Puting Beliung

Lalu, lima orang di Punjab timur, satu orang di Sindh tenggara dan dua orang di Kashmir sisi Pakistan, atau Azad Jammu-Kashmir juga dilaporkan tewas imbas banjir bandang tersebut. 20 orang yang tewas itu terjadi dalam sehari.

BRIN Nyatakan Tidak Ada Waktu Pasti Kapan Megathrust Terjadi di Indonesia

Banjir juga merendam ratusan desa di berbagai wilayah di empat provinsi tersebut.

NDMA juga sudah mengeluarkan peringatan hujan lebat yang diperkirakan terjadi di wilayah pesisir Provinsi Sindh selatan akibat badai siklon ASNA. Wilayah itu berada di sekitar 185 kilometer di barat daya Karachi.

Selama musim hujan, sejak 1 Juli tahun ini sedikitnya 285 orang termasuk 145 anak, meninggal sejak. Selain itu, sebanyak 529 orang termasuk 195 anak mengalami luka, kata NDMA.

Hujan lebat dan banjir di Pakistan juga mengakibatkan sekitar 1.924 rumah hancur total. Sementara, 17.592 rumah lainnya rusak sebagian.

Untuk diketahui, kota-kota di Pakistan setiap tahunnya dilanda banjir tahunan musim hujan. Bencana itu berlangsung selama Juli hingga September. (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya